Simulasi UNBK MAN Salatiga

Salatiga – Madrasah Aliyah Negeri Salatiga merupakan salah satu Madrasah Negeri di Salatiga yang siap menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Based Test (CBT) 2017. Uji coba dilakukan dua hari pada Selasa 21 – 22 Februari 2017 di MAN Salatiga.

UNBK merupakan sistem pelaksanaan Ujian Nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaanya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Ada 371 siswa yang mengikuti simulasi UBK ini yang terdiri dari 354 siswa MAN Salatiga dan 17 siswa dari siswa MATIQ Asurkaty Salatiga. Peserta terbagi dalam 4 ruang dengan 3 sesi dalam sehari. Simulasi UNBK dimulai pukul 07.00 dan berkhir 16.00.

Kepala MAN Salatiga Handono bersama Pengawas Madrasah Kemenag kota Salatiga Saifudin memantau secara langsung pelaksanaan simulasi UNBK. Handono berharap dari simulasi ini dapat mendeteksi dan menangani secara dini jika ada kendala – kendala yang terjadi sehingga pelaksanaan UNBK pada bulan April yang akan datang dapat berjalan lancar.

Handono juga menyatakan bahwa simulasi UNBK ini para siswa mempraktikkan kegiatan ujian seperti biasanya dan diawasi secara ketat, sehingga siswa – siswa tidak akan canggung untuk menghadapi UNBK yang sebenarnya. MAN Salatiga mempersiapkan dua ruang leb baru dengan membentuk Tim sukses yang terdiri dari  2 orang sarjana komputer yang sekaligus sebagai guru MAN Salatiga dan pendamping yang lain sebanyak  8 orang.

Sementara pengawas madrasah Saifudin dalam pemantaunnya menerangkan pada tahun ini MAN Salatiga sudah bisa melaksanakan UNBK harapannya dapat memberikan hasil yang baik dan nilai yang bagus sesuai  kompetensi kelulusan yang telah ditentukan. (KK/gt)