Murtadho Sampaikan Kultum Keutamaan Membaca Al Quran

Salatiga— Hari Senin (3/5) Penyuluh Agama Islam PNS Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Salatiga, Murtadho mendapat amanah untuk membawakan kuliah tujuh menit (kultum) usai sholat dhuhur berjamaah di masjid Al Firdaus Kantor Kemenag Kota Salatiga.

Kegiatan ini diikuti oleh Pegawai Negeri Sipil lingkup Kantor Kemenag Kota Salatiga maupun Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri.

Adapun tema kultum hari ini adalah “Keutamaan Membaca Al Quran”.

Mengawali kultumnya, Murtadho mengatakan bahwa seseorang yang rutin membaca Al Quran akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Selain itu, Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan”.

“Dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi, Rasullah SAW, Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipat-gandakan menjadi sepuluh kalinya,” tambah Murtadho seperti dikutib dalam sebuah hadis riwayat Imam Tirmidzi.

Menurut Murtadho, pahala membaca Al Quran pun semakin bertambah apabila mampu membaca sebanyak 100 ayat. Sabda Rasulullah dalam hadis riwayat Ahmad mengatakan,”Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam, dituliskan baginya pahala sholat sepanjang malam.”

Selanjutnya Murtadho mengatakan ada 5 keutamaan membaca Al Quran di bulan Ramadan yakni pertama Pahala berlipat, kedua Obat Penyakit hati dan fisik, Ketiga Rumah  menjadi bercahaya. Keempat Dilindungi dari  godaan setan. dan kelima Memberikan syafaat di akherat kelak.

Murtadho diakhir kultumya menyampaikan dengan membaca Al Quran akan mendatangkan kemuliaan bagi orang yang rutin membaca dan mengamalkannya. Tak hanya didunia, bahkan diakhirat kelak, Al Quran dapat menjadi syafaat atau penolong., pungkasnya. (Humas/Khusnul-Fitri).