Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) di Blora Sukses Diselenggarakan

Semarang – Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) Pesantren ke XII tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Blora sukses diselenggarakan, dan ditutup di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Kamis (03/11), dan Kabupaten Rembang berhasil menjadi juara Umum, setelah menyisihkan kafilah perwakilan Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah.

Peringkat II diraih Kab. Blora, Kab. Sukoharjo peringkat III, Peringkat IV diraih Kab. Karanganyar, Peringkat V diraih Kab. Magelang, Peringkat VI diraih Kab. Sragen. Sedangkan peringkat VII diraih Kab. Wonosobo, Pekalongan, Tegal, Semarang yang mendapatkan poin sama.

Dikelompok puteri Kab. Rembang berhasil meraih juara I disemua cabang Hifdzil Qur’an yang dilombakan.

Prestasi yang membanggakan juga berhasil diraih dikelompok putra. Meskipun tidak ada yang meraih juara I namun kafilah Kab. Rembang berhasil menorehkan nama wakilnya di semua cabang yang dilombakan.

“Pelaksanaan MHQ di Kab. Blora sampai pada penutupan ini dilaksanakan sangat profesional, ” ujar Noor Ahmad selaku Koordinator Dewan Hakim Musabaqoh Hifdzil Qur’an.

Beliau menuturkan, pada saat pembukaan luar biasa dihadiri dengan antusiasme luar biasa dari masyarakat. Sehingga dengan demikian, menurutnya ini bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kebangkitan Kab. Blora dalam rangka untuk meningkatkan syiar Islam melalui Al-Qur’an.

Ada tiga cabang yang dilombakan baik kelompok putra maupun putri yaitu Hifdzil Qur’an 20 Juz, 30 JUz, dan tafsir Al Qur’an dan Hafalan 30 Juz.

Wakil bupati Blora Arif Rahman dalam sambutannya, mengatakan, Syiar Islam di Kab. Blora di Kolaborasikan dengan budaya lokal. Blora selama ini lekat dengan budaya Samin, Tayuban, dan wayang kulit.

“Insya Allah hal – hal seperti ini akan terus kita lestarikan antara budaya lokal dan budaya islam ini bisa menyatu untuk pengembangan islam di Blora yang lebih bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

Semangat MHQ, kata Arif bisa membawa suasana sejuk di Kab. Blora Pemkab. Blora kedepan akan berkomitmen membumikan Al Qur’an di Kab. Blora. Kita berharap punya cita-cita satu desa satu Hafidz-Hafidzah, ujarnya.

Berikut data para pemenang lomba :

Cabang Hifdzil Qur’an golongan 20 Juz Putra: Juara I Anwar Khamdan dari PonPes PPTQ Ulul Albab Polokarto, Kab. Sukoharjo, Juara II Manzilur Rahman Romadhon dari PonPes Rohmah Al Falah Cepu Kab. Blora, Juara III Faisal Zahid Maulana dari PonPes Al Irsyad Tengaran Kab. Semarang. Selanjutnya Juara Harapan I Wahyu Hidayat Silmi dari PonPes Darul Hasanah Pedurungan Kota Semarang, Juara Harapan II Badrul Anwar dari PonPes PPTQ Al Furqon Sedan Kabupaten Rembang, Juara Harapan III Husam Muhammad Ibrahim Kudhori dari PonPes Ibnu Abbas As Salafy Kab. Sragen.

Cabang Hifdzil Qur’an golongan 20 Juz Putri: Juara I Jumrotul Lutfiyah dari Ponpes PPTQ Al Furqon Sedan Kab. Rembang, Juara II Husnia dari PonPes Al Anwar Cepu Kab. Blora, Juara III Zulfa Khasanah dari Ponpes Darussakinah Adiwerna Kab. Tegal. Juara harapan I Nisrokhah dari Ponpes Al Asy’ariyyah Kalibeber Kab. Wonosobo, Juara Harapan II Umi Sa’idatilah dari PonPes Al Amanah Bonang Kab. Demak, Juara Harapan III Biki Ma’muroh dari PPTQ Al Mushafiyyah Karanganyar Kab. Purbalingga.

Cabang Hifdzil Qur’an golongan 30 Juz Putra : Juara I Dzihnul Ghuroba’ dari PPTQ Ulul Albab Kab. Sukoharjo, Juara II Siswanto  dari PPTQ Al Furqon Sedan Kab. Rembang, Juara III Fikri dari PonPes Ibnu Abbas As Salafy Kab. Sragen. Juara Harapan I M. Muchib Maulana dari PonPes Salafiyah Syafi’yyah Kab. Pekalongan, Juara Harapan II Oji Muhammad Nofal dari POnPes PPTQ AL Mushafiyyah Kab. Purbalingga, Juara Harapan III Labibuddin Alfin Afifi dari PonPes Isy Karima Karang Pandan Kab. Karanganyar.

Cabang Hifdzil Qur’an golongan 30 Juz Putri : Juara I Durrotul Muqoffa dari PonPes PPTQ AL Furqon Sedan Kab. Rembang, Juara II Silviyana Wirdatul Munawaroh dari PPTQ Glagahombo Sucen Salam Kab. Magelang, Juara III Wiwin Setiawati dari PonPes Al Hasyimi salakbrojo Kab. Pekalongan. Juara Harapan I Tarwiyah dari PPTQ Jombor Kab. Semarang, Juara Harapan II Binti Mushofin dari PonPes As Shidiqiyyah Bojongsari Aliyan Kab. Kebumen, Juara Harapan III Wihda Mafazah dari PonPes Al Ihya ‘Ulumuddin KAb. Cilacap.

Cabang Tafsir Al Qur’an dan Hafalan 30 Juz Putra: Juara I Atsal Taufiqie Nandito dari PonPes Salman Al Farisi Kab. Karanganyar, Juara II Eko Edy Susilo dari PonPes Madrasatul Qur’an Rohmah Al Falah Cepu Kab. Blora, Juara III Mu’adz dari ponpes Ibnu Abbas As Salafy Kab. Sragen. Juara Harapan I M. Abdul Faqih dari PonPes Raudiatul Huffadz Lopait Tuntang Kab. Semarang, Juara Harapan II Sa’ad Ahmad Mu’ayyad dari Ponpes As Shidiqiyyah Bojongsari Aliyan Kab. Kebumen, Juara Harapan III Sugeng Sukamto dari PonPes PPTQ Al Furqon Sedan Kab. Rembang.

Cabang Tafsir Al Qur’an dan Hafalan 30 Juz Putri: Juara I Siti Mas’udah dari PonPes PPTQ AL Furqon Sedan Kab. Rembang, Juara II Faiz Rahmawati dari Ponpes Al Muhammad Cepu Kab. Blora, Juara III Nor Anisa Veronika dari PonPes Baitul ‘Abidin Darussalam Kab. Wonosobo. Juara Harapan I Sayyidadiena Hanifah dari PonPes Islam Al Mukmin Ngruki Kab. Sukoharjo, Juara Harapan II Ulfatin Nada dari PonPes Al Akrom Margorejo Kab. Pati, Juara Harapan III Muslikhah dari PonPes Al Islami Assalafi Darussalam Pegandon Kab. Kendal. (rf/gt)