Ombudsman Awasi Pemberangkatan Haji di Embarkasi Solo

Boyolali (Inmas) – Ombudsman Jawa Tengah yang berjumlah empat orang memantau langsung pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) di Embarkasi Solo, (08/08). Lembaga pengawas kinerja pelayanan publik itu menilai kinerja Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Tahun 2018 lebih baik dibandingkan musim haji sebelumnya.

Tim ombudsman yang dipimpin oleh Kepala Perwakilan Jawa Tengah, Acim Dartasim ini memantau proses penerimaan calon Jemaah haji di Gedung Jeddah hingga pemberangkatan di Gedung Muzdalifah menuju bandara Adisucipto. Acim mengatakan bahwa menurut hasil pantauannya, PPIH Embarkasi Solo dan instansi-instansi terkait telah maksimal memberikan pelayanan kepada Calon Jemaah Haji.

“Ombudsman Jawa Tengah Mengapresiasi PPIH Embarkasi Solo dan Instansi-instansi terkait yang telah berupaya maksimal memberikan pelayanan kepada calon Jemaah haji dari seluruh daerah di Provinsi Jawa Tengah dan DIY,” kata Acim.

Dalam kunjungannya selama satu hari itu, Ombudsman yang didampingi Anggota PPIH Abdul Jalil dan Fitriyanto memantau pelayanan kesehatan, akomodasi, transportasi, bimbingan ibadah haji dan sarana pendukung lain yang diberikan kepada CJH di Embarkasi Solo. Ombudsman juga mengapresiasi proses perekaman data biometrik di embarkasi yang efektif sehingga dapat memangkas waktu pemeriksaan imigrasi dan mengurangi kelelahan calon Jemaah setibanya di Saudi.

“Meski sembat mengalami kendala pada awal penerapannya, namun seluruh tim yang terlibat mampu menemukan solusi sehingga perekaman data biometric kloter 5 dan seterusnya dapat berjalan lancar. Ini menunjukan bahwa seluruh instansi yang menyelenggarakan pelayanan haji telah berkoordinasi dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubbag Humas PPIH Embarkasi Solo, Afief Mundzir mengatakan bahwa pihaknya memastikan terus berbenah demi suksesnya proses pemberangkatan CJH ke tanah suci. “Kita mengadakan evaluasi secara berkala. Semua yang menjadi saran dan kritik akan disampaikan dalam forum tersebut untuk diselesaikan. Jadi Insya Allah setiap persoalan segera selesai dan menemukan formula terbaiknya.” katanya. (hd/aff)