Orang Tua adalah Kunci Sukses Dunia Akhirat

Magelang – Madrasah dikenal kuat dalam penanaman nilai-nilai karakter unggul berlandasarkan agama. Karakter ini akan menghasilkan output madrasah sebagai sumber daya manusia unggul yang berakhlakul karimah.

Pembentukan karakter berbasis spiritual (Spiritual Character Building) dewasa ini menjadi penting karena keberhasilan tidak lagi diukur dari sudut pandang kecerdasan otak kiri dan kanan (Intelegency Quotient). Keberhasilan mengelola kecerdasan emosi (Emotional Quotient), dan kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient) justru mendominasi harapan para orang tua.

Hal tersebut disampaikan Waka Kehumasan MTs N Ngablak Modrik Santoso melalui media sosial, Selasa (7/03/2017), saat dikonfirmasi mengenai pelaksanaan Spiritual Building Training (SBT) dalam rangka Sukses Ujian Nasional 2017.

Modrik menyampaikan bahwa MTsN Ngablak baru saja memberikan penguatan mental dan spiritual bagi 218 siswa kelas 9 dan para orang tua/wali siswa di Gedung H. Ahmad MTs N Ngablak, Sabtu (25/2/2017) kemarin.

“Dalam SBT tersebut, sengaja kita juga menghadirkan para orang tua/wali siswa dalam upaya untuk memberikan dorongan serta motivasi yang tinggi dalam menyongsong UNKBK dan UAMBN.  Kepedulian dalam wujud selalu memantau kegiatan mereka di rumah sangat penting,” ujar Modrik.

“Melalui SBT ini kita ingin agar para siswa kelas 9 tertanam kesadaran diri yang tinggi untuk membangun hubungan manusia dengan makhluk, manusia, dan Tuhan. Dengan kesadaran tinggi ini akan menguatkan kebutuhan berbakti kepada orang tua, baik terhadap sesama, bersemangat (Ghirah) untuk belajar, dan bekerja keras atas ridlo orang tua dan Allah Swt,” paparnya.

Modrik mengungkapkan bahwa pihaknya bekerja sama dengan MAN 3 Yogyakarta, yaitu Supardi dan Muhtarom sebagai motivator kegiatan tersebut.

Mengutip apa yang disampaikan para motivator, Modrik menyampaikan bahwa segala sesuatu yang akan kita lakukan jika ingin mencapai kesuksesan harus diperlukan usaha dan kerja keras. Selain itu motivasi dari diri sendiri maupun orang di sekeliling kita merupakan dorongan yang kuat untuk menuju kesuksesan. Pola belajar yang belum tepat agar lebih ditingkatkan lagi sehingga mereka menjadi lebih mantap menghadapi UNBK maupun UAMBN.

“Pendampingan orang tua saat kegiatan berlangsung menjadi cerminan kedekatan mereka dengan orang tua. Pada dasarnya orang tua adalah tempat tumpuan dan doa bagi anak. Segala yang kita lakukan atas dasar restu dari orang tua,” kata Modrik.

“Seperti apa yang disampaikan para motivator, kita sangat berharap agar para siswa kelas 9 khususnya, dapat mengedepankan penghormatan kepada orang tua, baik orang tua di rumah, maupun Bapak/Ibu Guru di madrasah, dan orang lain yang dituakan. Karena, hal itu adalah kunci sukses dunia dan akhirat,” harapnya. (arika-m45k/Af).

 

 

.