OSIM MAN 2 Pati Lakukan Program Zakat

Pati – Zakat fitrah adalah zakat yang harus ditunaikan bagi seorang muzakki yang telah memiliki kemampuan untuk menunaikannya. Zakat fitrah adalah zakat wajib yang harus dikeluarkan sekali setahun yaitu saat bulan ramadhan menjelang idul fitri.

Dalam rangka menunaikan salah satu rukun Islam yakni zakat, Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MAN 2 Pati menggelar program zakat fitrah bagi peserta didik MAN 2 Pati.

“Program zakat ini diselenggarakan guna memfasilitasi peserta didik MAN 2 Pati yang ingin melaksanakan zakat,” ujar Kepala MAN 2 Pati Amirudin kepada Humas Kemenag, Jum’at (7/5/2021).

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas spiritual seluruh civitas akademika MAN 2 Pati di bulan ramadhan. Diharapkan melalui program tersebut dapat meningkatkan rasa simpati, empati, iman dan taqwa baik peserta didik maupun Bapak/Ibu Guru di MAN 2 Pati,” lanjut Amiruddin.

Kegiatan diawali dengan membeli beras yang telah disediakan oleh panitia, kemudian peserta didik akan dituntun untuk membacakan niat dan melaksanakan zakat. Dari total kegiatan tersebut, terkumpul 627 paket zakat yang akan dibagikan kepada mustahiq dengan ketentuan yaitu masyarakat yang berada di sekitar MAN 2 Pati, peserta didik dan Bapak/Ibu Guru MAN 2 Pati. (qo/at)