MTsN 1 Pati Gelar Seleksi Calon Peserta Didik Baru TP 2018/2019

PATI – MTsN 1 Pati melaksanakan seleksi tahap I dalam rangka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2018/2019. Seleksi dilaksanakan Minggu, (29/4/2018), yang diikuti oleh 527 peserta. Pendaftar meliputi beberapa Kabupaten di sekitar Pati, yakni Rembang, Kudus, Blora, Jepara, Grobogan, dan Demak. Para pendaftar dan orang tua sangat tertarik dengan adanya program unggulan Tahfidz Al-Quran. Demikian disampaikan Kepala MTsN 1 Pati Ali Musyafak di ruang kerjanya, Senin (30/4/2018).

Lanjut Ali, Seleksi PPDB tahun ini meliputi dua tahap. Tahap pertama yaitu tes potensi akademik secara tertulis yang meliputi mata pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, dan PAI, masing-masing mapel terdapat 15 soal sehingga total ada 80 soal dengan durasi waktu 120 menit. Hasil seleksi I akan diumumkan secara langsung dan melalui website pada Hari Kamis, 3 Mei 2018 mulai pukul 10.00, paparnya.

Dari 539 pendaftar, yang mengikuti seleksi I ada 527 pendaftar, sedangkan kuota yang akan diterima sebanyak 360. Peserta yang masuk peringkat 1 sampai dengan 360 harus mengikuti seleksi II yaitu tes baca tulis Al-Quran dan wawancara yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Mei 2018 mulai pukul 07.30 sampai dengan selesai. Seleksi II ini dimaksudkan untuk menentukan kelas unggulan Tahfidz, baik yang masuk Boarding School maupun non-boarding, tegasnya.

Menurut Komarudin, salah satu wali calon siswa, praktisi pendidikan SMK dari Juwana menyatakan, ia sangat tertarik dengan program-program yang dilaksanakan di MTsN 1 Pati sehingga ingin sekali anaknya dapat berprestasi secara akademik maupun non-akademik dan menjadi siswa yang religius sebagaimana siswa MTsN 1 Pati. Ia berharap lembaga pendidikan yang lain harus mempunyai inovasi program sesuai kebutuhan masyarakat sekitar dan masyarakat global, ujarnya.

Sementara itu, saat berbincang-bincang dengan salah satu pendaftar dari SDN Bandungrejo 02 Jepara, Surya Hadiansyah, ia sangat termotivasi dan ingin menjadi siswa MTsN 1 Pati Boarding School agar dapat melanjutkan hafalan Qur’an-nya sekaligus dapat berprestasi seperti kakak kelasnya, harapnya.

Melihat animo masyarakat dan motivasi yang luar biasa untuk dapat diterima di MTsN 1 Pati ini, Ali Musyafak selaku kepala madrasah merasa sangat bangga dan bersyukur karena ternyata program-program yang dilaksanakan mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Oleh karena itu, dia berharap, kerjasama yang baik dan semangat berjihad untuk memajukan pendidikan harus selalu dikedepankan oleh semua civitas akademika MTsN 1 Pati. (Mj/Athi’/bd)