Pahami Haji dan Umrah, MTsN 1 Klaten Adakan Pelatihan Manasik Haji

Klaten Labaik Allahumma Labaik, Labaik La Syarikalaka Labaik. Kalimat Talbiyah menggema di halaman MTsN 1 Klaten yang dilantunkan oleh 276 siswa-siswi kelas VIII madrasah MTsN 1 Klaten dalam Pelatihan Manasik Haji yang di dampingi Guru PAI dan wali kelas, Jum'at (24/02).

Kepala MTsN 1 Klaten Nurul Qomariyah mengatakan, kegiatan manasik haji ini merupakan salah satu praktik pembelajaran fiqih, memberi pemahaman siswa masalah tata cara manasik haji menurut fiqih haji, untuk pembelajaran bagi siswa tentang rangkaian kegiatan haji.

"Kegiatan pelatihan manasik haji ini sudah menjadi program kurikulum pendidikan di MTsN 1 Klaten yang diadakan tiap tahun khusus siswa kelas VIII. Siswa akan paham tentang syarat, rukun, sunah haji dan umrah," harap Nurul.

Kepala Madrasah juga memaparkan bahwa haji adalah rukun Islam yang kelima bagi umat Islam yang mampu. Untuk itu diharapkan semua siswa dapat mengikuti semua prosesi dengan serius, antusias, dan tertib hingga awal sampai akhir. "Kalau hari ini kita baru pelatihan manasik haji, maka yakinlah bahwa suatu saat nanti kita akan dipanggil oleh Allah SWT berangkat ke tanah suci Makkah, untuk itu mulai hari ini kuatkan niat dan senantiasa berdoa agar Allah dimudahkan," tegasnya.

Selain itu, pelatihan manasik haji memudahkan siswa-siswi dalam memahami haji dan umrah, kegiatan dilaksanakan menyerupai rangkaian ibadah haji yang sebenarnya, baik rukun maupun wajib haji, diawali dengan berniat haji/ umrah kemudian dilanjutkan dengan menggunakan ihram.

Nurul Fikri, salah satu siswa MTsN 1 Klaten menyambut baik kegiatan ini, kami senang  dengan penuh antusias mengikutinya, seluruh siswa merasa gembira karena dapat secara langsung mempraktekkan ilmu yang telah dipelajari di sekolah, mereka berharap agar kiranya kegiatan praktek manasik haji akan terus dilaksanakan setiap tahun sebagai bekal yang sangat berharga bagi siswa MTsN 1 Klaten  di masa yang akan datang.

Kegiatan manasik rangkaian kegiatan manasik haji diawali ihram ada 2 wajib ihram dan sunnah ihram dilanjutkan wukuf di padang arofah, tawaf ifadah, sa’i, tahallul, tertib. Lokasi ihram, tawaf ifadah diadakan di lapangan MTs N 1 Klaten, sedang untuk wukuf diadakan dimasjid Al-Falaq Girimulyo Gergunung Klaten Utara, Sa’i diadakan ditaman Kota Gergunung Klaten Utara.(nrd_aj/gt)