Pahami Regulasi Demi Kelancaran UAMBN

Purworejo Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo mengadakan sosialisasi UAMBN MA pada Jumat (1/2). kegiatan dilaksanakan di aula Kankemenag, dihadiri oleh guru, proktor, waka kurikulum serta kepala madrasah. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan bekal menghadapi UAMBN Tahun 2018/2019.

Kepala Kankemenag Kabupaten Purworejo  Bambang Sucipto, menjelaskan beberapa hal penting terkait persiapan UAMBN mendatang. Dalam menghadapi UAMBN diperlukan persiapan yang matang. “Dibutuhkan paling tidak dua bulan untuk persiapan UAMBN seperti kelengkapan administrasi, daftar peserta, pelaporan administrasi, dan pelatihan-pelatihan guna mencapai sukses UAMBN.” ucapnya Bambang

Selain itu, diperlukan kesediaan penyelenggara UAMBN untuk turun ke lapangan. Tujuannya untuk memastikan secara langsung kesiapan dari seluruh komponen madrasah yang akan mengikuti UAMBN. “Demi kelancaran UAMBN, pastikan pihak yang bersangkutan seperti penyelenggara, guru, dan siswa memahami regulasi dalam penyelenggaraan Ujian Nasional. Begitu juga lingkungan yang akan digunakan sebegai tempat penyelenggaraan UAMBN haruslah kondusif,” lanjut Bambang.

Agar dilakukan pula sosialisasi kepada orang tua siswa. “Hal ini sangatlah penting agar para orang tua dapat ikut memberikan motivasi anak mereka. Apabila terdapat beberapa kendala teknis, dapat dikonsultasikan pada penyelenggara agar nantinya saat UAMBN tidak terjadi hambatan yang berarti,” pungkas Bambang. (ah/sgy/bd)