Paif dan PAN PNS Kecamatan Mojolaban Utamakan Keteladanan

Sukoharjo – Menumbuhkan kecintaan terhadap masjid dapat dimulai dengan hal-hal kecil yang sering kita temui di sekitar lingkungan masjid. Seperti menjaga kebersihan tempat wudlu, kamar kecil, rak-rak tempat buku ngaji dan al Qur’an, lemari tempat pakaian sholat (sarung dan mukena) bahkan kipas angin yang berdebu pun jika senantiasa dijaga kebersihannya dari debu-debu yang melekat padanya, akan menumbuhkan rasa handarbeni (memiliki) akan kebersihan, keindahan dan kenyamanan masjid sebagai tempat ibadah. Yang pada akhirnya akan tumbuh rasa tanggung jawab dan kecintaan terhadap masjid  akan tumbuh dengan sendirinya dihati setiap masyarakat.

Agaknya hal seperti itu pula yang ingin ditumbuhkan oleh Penyuluh Agama Islam baik PAIF maupun PAN PNS Kecamatan Mojolaban ketika mengadakan Gerakan Peduli Masjid (GPM) dan Baksos di Masjid Muqorrobin Desa Cangkol Mojolaban, Jum’at(11/06). Koordinator  kegiatan yang juga PAIF Kecamatan Mojolaban Slamet Widodo dalam keteranganya menyebutkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda rutin bulanan kegiatan Penyuluh dari masjid satu ke masjid lainnya di wilayah Mojolaban sebagai upaya menjalankan tupoksinya memberikan penerangan dan penyuluhan kepada masyarakat. “ Nasihat penjelasan tidak selamanya harus menggunakan kata-kata dengan memberikan contoh nyata seperti GPM dan Baksos seperti ini kami berharap akan ada perubahan dan dilanjutkan dengan sepenuh hati oleh masyarakat khususnya jamaah masjid yang kami kunjungi” ungkap Slamet Widodo.

Lebih jauh Slamet menjelaskan selain bermaksud memberikan motivasi dan contoh kepada umumnya masyarakat sekitar masjid dan khususnya takmir masjid setempat, bersamaan dengan kegiatan tersebut pihaknya juga membagikan sejumlah alat kebersihan semisal sapu, sikat, ember, sulak, alat pel dan lain-lain. “ jika masjidnya bersih baik sarana maupun prasarananya maka akan membuat jamaah itu senang, nyaman dan aktif untuk memakmurkan masjidnya” ujarnya.

Sementara itu apresiasi positif atas apa yang dilakukan oleh penyuluh tersebut juga datang dari Hari perwakila takmir masjid Al Muqorrobin,selain mengucapkan terimakasih ia mengaku senang dan mendukung kegiatan tersebut, dirinya berharap dari kegiatan ini dapat menjadi motivasi kepada takmir masjid untuk senantiasa menjaga kebersihan masjid. (sw/djp)