Paparan Di Depan Rombongan Komisi VIII DPR RI, Kakankemenag Usulkan Kenaikan BOP RA

Kebumen – Dipimpin oleh Abdul Wachid, rombongan komisi VIII DPR RI lakukan kunjungan kerja (kunker) spesifik ke Kabupaten Kebumen, provinsi Jawa Tengah, Rabu (17/11). Diterima oleh Bupati dan Wakil Bupati Kebumen di aula Setda Kebumen, turut hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Kanwil Kemenag provinsi Jawa Tengah H. Musta’in Ahmad, Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sumarno, Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen Ujang Sugiyono, serta Kepala Kankemenag Kab. Kebumen H. Panut.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, H. Panut, yang diberikan kesempatan untuk memaparkan terkait penyaluran bantuan program pendidikan dan pelaksanaan pembelajaran tatap muka pendidikan dilingkungan kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah menjelaskan bahwa bantuan yang telah kami terima di lembaga kami termasuk pencairan BOS Bantuan Operasional Sekolah, Bantuan Operasional Pendidikan BOP dan PIP, Program Indonesia pintar, telah tersalurkan semuanya dengan baik.

Terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka, disampaikan Kakankemenag bahwa seluruh madrasah di Kabupaten Kebumen telah menyelenggarakan pembelajaran tatap muka terbatas dengan protocol kesehatan ketat. “Dan Alkhamdulullah setelah dipantau tidak terjadi klaster – klaster baru,” jelas H. Panut.

Menyinggung Bantuan Operasional Pendidikan tingkat RA (Raudhatul Athfal) yang saat ini sebesar Rp. 600.000,00 (enam ratus ribu rupiah) per siswa per tahunnya, H. Panut berpendapat hal tersebut perlu ditingkatkan. Menurutnya justru pendidikan di tingkat dasarlah yang sangat membutuhkan perhatian dan dukungan serius dari pemerintah. Dia berharap semoga kedepan bisa ditingkatkan menjadi lebih dari dari enam ratus ribu rupiah.

Sebagai bahan informasi, berdasarkan data yang ada di kami, saat ini di Kabupaten Kebumen terdapat 108 RA dan siswanya sebanyak 4484 anak. Dan berdasarkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran tahun 2021  BOP RA yang telah tersalurkan sebanyak Rp. 2.638.200.000,00 ( dua milyar enam ratus tiga puluh delapan juta dua ratus ribu rupiah).

Untuk itu, pada kesempatan tersebut H. Panut juga mengucapkan banyak terimakasih kepada rombongan Komisi VIII DPR RI yang telah memperjuangkan BOP RA tersebut. “Mewakili seluruh lembaga yang telah menerima bantuan, atas nama Kepala Kankemenag Kabupaten Kebumen saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi – tingginya kepada suluruh jajaran Komisi VIII DPR RI,” ucapnya.

Sementara itu, Abdul Wachid selaku ketua tim rombongan komisi VIII DPR RI menyatakan ditengah kondisi pandemi covid-19 seperti ini pentingnya wakil rakyat bersama Pemerintah Pusat serta Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kinerja. Secara umum mereka berharap supaya seluruh serapan anggaran dapat terealisasi dengan baik.(fz).