Pastikan UNBK Lancar, Kanwil Kemenag Prov. Jateng Monitoring di MAN 1 Tegal

Tegal (Slawi) – Di hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Pelajaran 2018/2019, MAN 1 Tegal kedatangan tamu Petugas Monitoring dari Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Muhammad Agus Lukman. Didampingi Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kab.Tegal, Banu Hamdan, Muhammad Agus Lukman melakukan monitoring pelaksanaan UNBK di MAN 1 Tegal, dan diterima langsung oleh Kepala MAN 1 Tegal, Nurhayati didampingi oleh  Kepala Urusan Tata Usaha MAN, Siti Zuhro pada Senin (01/04).

Dalam pelaksanaan monitoring, Muhammad Agus Lukman menanyakan tentang persiapan pelaksanaan UNBK, jumlah peserta, jumlah ruangan, jumlah sesi dan pelaksanaan kepengawasan di MAN 1 Tegal. Nurhayati, menjelaskan bahwa dari awal, sekolahnya telah mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan UNBK ini. Nurhayati menambahkan bahwa berbagai proses, diantaranya menyiapkan administrasi UNBK, cheking komputer server, komputer client, jaringan internet, UPS, dan genset besar untuk antisipasi listrik mati secara tiba-tiba, telah dilakukan jauh hari sebelum UNBK dilaksanakan. Selain itu peserta didik juga telah mengikuti simulasi UNBK.

“Untuk mempersiapkan mental peserta didik kami telah mengadakan simulasi sebanyak 4 kali. Harapan kami, peserta didik tidak lagi grogi dan dapat mengerjakan UNBK dengan tenang dan gembira sehingga hasilnya memuaskan mereka”, harapan Nurhayati.

Menurut Nurhayati, Panitia UNBK telah membagi peserta ujian dalam tiga sesi, yaitu sesi pertama yang  mulai pukul 07.30-09.30 WIB, sesi yang mulai pukul 10.30-12.30 WIB dan sesi ketiga yang dimulai pukul 14.00-16.00 WIB. Dengan pembagian tiga sesi ini, diharapkan peserta ujian semakin leluasa dalam mengerjakan soal-soal UNBK.

“Pembagian Sesi ini harus kami lakukan karena jumlahnya peserta UNBK di MAN 1 yang cukup banyak, yaitu 515 orang. Mereka akan menempati 5 ruang laboratorium komputer dan pelaksanaan UNBK berlangsung selama empat hari, yaitu tanggal 1, 2, 4 dan 8 April 2019. Mereka akan diawasi oleh tenaga-tenaga pengawas dari luar MAN 1 Tegal. Kami sudah berusaha melakukan yang terbaik untuk pelaksanaan UNBK ini. Semoga para peserta didik dapat melaksanakan dengan baik dan lancar,” jelas Nurhayati.

Setelah melaksanakan monitoring, Muhammad Agus Lukman menyatakan bahwa ia sangat mengapresiasi terkait tertibnya administrasi yang tertata rapi dan lengkap. Dalam pantauannya, daftar isian monitoring yang dibawanya sudah sesuai dengan kondisi di MAN I Tegal. Muhammad Agus Lukman berpesan  supaya MAN 1 Tegal dalam melaksanakan UNBK  selalu berpedoman pada  POS UNBK dan menjaga situasi yang kondusif di lingkungan Madrasah dan di luar Madrasah agar peserta didik bisa melaksanakan ujian dengan tenang, nyaman dan mendapat nilai yang sempurna.

“Berdasarkan hasil monitoring, pelaksanaan UNBK hari pertama ini berjalan lancar, aman dan tertib. Semoga tidak ada kendala hingga UNBK hari terakhir dan semua peserta didik bisa lulus 100 persen. Semoga MAN 1 Tegal bisa menjadi yang terbaik”, katanya menyemangati. (sh)