Peduli Dampak Covid-19, DWP Kemenag Grobogan Beri Bantuan Sembako

Grobogan – Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama di Kabupaten Grobogan yang terdampak Covid-19. Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kemenag Kab.Grobogan melakukan kunjungan ke rumah-rumah yang terdampak Covid-19 di lingkungan Kantor Kemenag Kab. Grobogan, Senin (16/08). Dipimpin langsung oleh Kepala Kemenag Grobogan didampingi Ketua DWP Kemenag Kab.Grobogan, Siti Zolekah Imron serta pegurus DWP Kemenag Kab. Grobogan,

Siti Zolekah, menyampaikan bahwa jumlah masyarakat yang positif Covid-19 sangat banyak. Virus ini bisa menyerang siapa saja, tidak pandang strata sosial, agama, jabatan, dan jenis kelamin; semuanya bisa terkena. Selain aspek kesehatan, Covid-19 juga telah berdampak pada aspek ekonomi. Adanya pembatasan interaksi secara fisik dalam rangka pencegana Covid-19, berdampak pada aktivitas perdagangan, kegiatan industri, pelayanan lembaga pemerintahan, pasar tradisional dan modern, dan kegiatan lainnya. Akibatnya, pendapatan dan daya beli masyarakat turun drastis, serta angka kemiskinan naik. Dan diharapkan bantuan sebagai wujud solidaritas tersebut diberikan dalam bentuk bantuan kepada masyarakat di sekitar Kantor Kemenag Grobogan berupa sembako yang berasal dari zakat dari ASN.

“Sebagai bagian dari keluarga besar Kementerian Agama, Darma Wanita Persatuan juga berperan dalam memperkuat rasa kekeluargaan di antara kita. Para pengurus tanpa kenal lelah menginisiasi dan menjalankan berbagai program untuk menunjukkan kecintaan terhadap sesama. Dalam kondisi seperti itu, maka jaring pengaman sosial harus segera disebar pada titik titik yang tepat. Sasaran yang jelas dan jumlah yang terukur. Baik Kementerian Agama maupun Lembaga dan stake holder serta masyarakat tentu dapat melakukan itu. Kita harus bersatu,” sambung Siti Zolekah.

Menurut Ketua DWP, duka bersama akibat pandemi ini menjadi momentum untuk memperkuat rasa kekeluargaan, memupuk rasa empati dan menjalankan kembali semangat gotong royong kita sebagai saudara, sebagai saudara sebangsa dan setanah air Indonesia.

“Semangat kekeluargaan ini juga semakin kita rasakan di tengah pandemi Covid 19 tahun ini di mana masyarakat terkena dampak langsung maupun tidak langsung, yang berupa kesehatan dan ekonominya. Sehingga kami sebagai DWP peduli saling berbagi dan meringankan beban yang kita pikul bersama,” tuturnya.

Zulekah menambahkan, DWP Kemenag rutin menggelar kegiatan bakti sosial untuk ikut meringankan beban para dhuafa, terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19. Zulekah berpesan agar setiap orang tetap harus ekstra waspada terhadap penyebaran virus serta menaati protokol kesehatan 5M dan 1D.(bd/Sua)