Peduli Lingkungan, ASN Ramai-Ramai Kerja Bakti

Rembang —  Program Green Office yang dicanangkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang memang sudah terlaksana beberapa bulan terakhir. Lingkungan kantor sudah terlihat bersih dan hijau. Namun masih ada sisi-sisi yang belum sepenuhnya rapi.

Untuk menjalankan program ini secara berkelanjutan, Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah menyerukan ASN bekerja bakti membersihkan lahan luar kantor yang masih kurang sedap dilihat.

Seruan Kankemenag ini segera dilaksanakan oleh segenap ASN pada Jum’at pagi ini (10/3). Dengan membawa alat kebersihan yang dibawa dari rumah masing-masing, mereka membersihkan lahan kosong sebelah kantor yang masih terlihat rimbun oleh tumbuhan liar. Sementara di halaman belakang kantor, puluhan ASN nampak menyisihkan dan mengumpulkan serpihan-serpihan sampah untuk dibuang.

Secara ngguyub, mereka merampungkan kerja bakti selama satu setengah jam. Lingkungan pun sudah tampak lebih rapi. Sehingga ASN maupun tamu-tamu yang berkunjung tak lagi melihat pemandangan yang tidak rapi dan bersih.

Sebagai pimpinan, Atho’illah memang concern terhadap kebersihan dan keindahan kantor. Menurutnya, lingkungan yang enak dipandang akan bisa memberikan nuansa lain dan meningkatkan semangat dalam bekerja.

Untuk itulah pihaknya mencanangkan program Jum’at bersih. Sehingga setiap minggu sekali, ASN diminta untuk bekerja bakti, membersihkan lingkungan kantor. “Kami ingin agar kantor nampak selalu bersih dan rapi, sehingga spirit bekerja juga tinggi,” ujar Atho’illah.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Mohammad Ali Anshory menambahkan, kepedulian kebersihan lingkungan pun tak melulu hanya di dalam kantor. “Di lingkungan luar kantor pun, kita mempunyai tanggung jawab sosial untuk membersihkannya. Karena bagaimanapun juga termasuk lingkungan sekitar kita,” kata Ali.

Program kantor hijau dan bersih ini juga selaras dengan program yang dicanangkan oleh Bupati Rembang. Beberapa waktu lalu, melalui surat Edaran Bupati, setiap SKPD dan instansi lainnya diminta untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan, antara lain dengan melakukan kerja bakti setiap Jum’at. (SS/bd)