Peduli Lingkungan, Pegawai Kementerian Agama Tanam Satu Miliar Pohon

Karanganyar – Pemanasan global yang terjadi dari tahun ke tahun membuat resah seluruh penghuni bumi, tidak terkecuali manusia sebagai makhluk yang paling dominan disini. Menurut laporan yang disampaikan Sekretaris Jendral Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) Perserikatan Bangsa-Bangsa, suhu udara yang terjadi di tahun 2014 tercatat sebagai yang tepanas sepanjang abad 21. Data ini berdasarkan berita yang disebarkan situs CNN Indonesia tanggal 4 Desember 2014.

Pemanasan suhu bumi ini salah satunya dikarenakan menurunnya jumlah pohon yang tertanam sebagai akibat alih fungsi lahan untuk pemukiman, pertanian dan perindustrian, atau penebangan hutan secara liar. Padahal belum lama kita saksikan di berbagai media, telah terjadi bencana tanah longsor yang merenggut jiwa puluhan orang di Kabupaten Banjarnegara. Bisa jadi bencana ini akibat dari alih fungsi pohon yang tidak sesuai aturan.

Untuk menyelematkan bumi dari pemanasan global dan memberi sumbangan oksigen pada dunia, Pemerintah Daerah yang dibantu SKPD termasuk didalamnya Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon, Senin, 12/12/2014. Tidak kurang dari 15-an pegawai Kantor Kementerian Agama yang dipimpin Penyelenggara Syariah, Yusuf Iksanu Irham berperan serta dalam menghijaukan Kabupaten Karanganyar.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Musta’in Ahmad memberi pembekalan bahwa penanaman pohon ini tidak lepas dari dakwah yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW kepada umat manusia.

Beliau mengutip sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad yang berbunyi: “Sekiranya di tangan kamu ada benih kurma dan kamu tahu bahwa esok akan terjadi kiamat, maka hendaklah kamu menanam dan jangan biarkan hari kiamat berlaku tanpa menanam benih kurma tersebut”.

“Dari hadits dan hikmahnya tersebut kita mengetahui bahwa menanam benih atau pohon sangat dianjurkan untuk kebaikan seluruh alam”, ujarnya.

“Bila dibandingkan, jumlah pohon yang ditebang oleh manusia jauh lebih banyak dari yang ditanam. Perlu diingat juga bahwa kita semua merupakan bagian dari penebang pohon itu, karena walaupun tidak secara langsung menebang pohon, tetapi kita memanfaatkan hasil dari tebangan pohon itu untuk peralatan rumah tangga, mebel, kusen dan lain sebagainya”, lanjutnya.

Satu miliar pohon yang ditanam pada tujuh belas kecamatan di Kabupaten Karanganyar didahului dengan penanaman secara simbolik tiga pohon di pelataran alun-alun Kabupaten Karanganyar. Pohon yang ditanam tersebut adalah Pohon Bodhi yang diimpor langsung dari negeri India tempat asalnya. Menurut Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Pohon Bodhi tersebut mampu bertahan hidup hingga seribu tahun. (Hadi)