Pegawai Kemenag Demak Ikuti Upacara Penurunan Bendera

Demak – Seluruh pegawai Kantor Kementerian Agama (Kankemenag)  Kabupaten Demak sore ini, Selasa (17/08/2021)bertempat di aula menyaksikan bersama-sama Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih dari Istana Merdeka Jakarta melalui tayangan  Rumah Digital Indonesia.

Pancaran cahaya matahari sore itu tak lagi terasa panas, karena saat itu waktu telah menunjukkan pukul 16.25 WIB. Sebagian besar pegawai Kemenag Demak telah hadir di aula walaupun jadwal pelaksanaan upacara baru dimulai pukul 17.00 WIB. Namun dengan disuguhi lagu-lagu perjuangan, membuat mereka tetap nyaman walaupun harus menunggu.

Sebelum Upacara Penurunan Bendera dimulai, Ahmad Muhtadi, selaku Kepala Kantor berkesempatan memberikan sambutan. “Kami tentu sangat berterimakasih kepada panjenengan semua yang berkenan hadir pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi tadi pagi dan pada Upacara Penurunan Bendera Merah Putih sore ini,” ucapnya. Kemudian ia sedikit bercerita tentang susah payahnya para pejuang hingga kemudian Indonesia bisa merdeka. “ Lebih baik hari ini kita bermandikan keringat dibanding para pahlawan pendahulu kita yang bermandikan darah dan air mata,” bandingnya.

Sebagaimana diketahui, sore ini di halaman Sekda Kabupaten Demak juga diadakan Upacara Penurunan Bendera. Dan Kepala Kantor adalah salah satu pejabat yang diundang. Namun setelah tadi pagi tidak bisa bergabung bersama para pegawai Kemenag di aula karena harus menjadi petugas pembaca doa, maka sore ini ia lebih memilih bersama-sama pegawai Kemenag menyaksikan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih yang disiarkan langsung dari Istana Merdeka Jakarta.

Sementara itu nampak di layar, Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara menuju podium. Pertanda bahwa Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dimulai. Suasana ruang aula pun menjadi lebih hening. Dengan seksama para peserta menyaksikan tahap demi tahap jalannya upacara dengan penuh khidmat hingga akhir. Tak terasa, ketika upacara berakhir adzan magrib pun berkumandang. (ms/qq)