Pejuang ARD MA Al Irsyad Gunungjati Di Tengah Pandemi

Banjarnegara – MA Al Irsyad Gunungjati telah melakukan Penilaian Akhir Tahun (PAT) semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dilaksanakan mulai tanggal 24 Mei 2021 dan berakhir pada  rabu, 2 juni 2021 sesuai dengan kalender pendidikan.

Selanjutnya dilakukan penginputan nilai peserta didik melalui Aplikasi Raport Digital (ARD) yang dimulai pada Senin (14/6). Hal ini karena pembagian raport yang akan dilaksanakan pada sabtu (19/6).

Menurut Kepala Madrasah, Fithria Rohayati bahwa sejak tahun pelajaran 2018/2019 sampai sekarang MA Al Irsyad Gunungjati sudah menggunakan ARD dalam pengerjaan nilai raport. “Dengan penggunaan ARD diharapkan dapat mempermudah guru mata pelajaran (mapel) dalam menyajikan penilaian hasil belajar peserta didik.” imbuh Fithria Rohayati.

Guru mapel dapat menginput nilai mata pelajaran masing-masing melalui akun yang sudah disediakan oleh operator. Mulai dari input penilaian harian (PH) hingga nilai penilaian PAT. Wali kelas juga mempunyai akun untuk memantau pengisian nilai peserta didik dan mencetak raport.

Oki Hadrian selaku operator ARD MA Al Irsyad Gunungjati mengatakan bahwa aplikasi ARD ini sangat mudah digunakan. “ARD ini memudahkan guru dalam memberikan output nilai peserta didik dalam satu semester. Nilai yang harus diinput antara lain penilaian harian, penilaian portofolio, penilaian proyek, penilaian praktek, hingga nilai PAT,” ungkapnya.

“Dimasa pandemi ini, bapak/ibu guru mapel tetap saja memasukkan nilai di madrasah dikarenakan menghindari kemungkinan adanya kendala di dalam memasukkan nilai. Misalnya sudah mengupload penilaian harian dan nilai akhir tetapi masih kosong nilai raportnya, maka dicari permasalahannya sehingga bisa diperbaiki saat itu juga.” tambah Oki Hadrian. (inf/ak)