Rakor Bersama Kankemenag Dan Forum Pimpinan OPD Membahas Kerukunan Umat Beragama

Kab Pekalongan – Kasubbag TU, H.Muqodam mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Pekalongan,H.Kasiman Mahmud turut serta hadir dalam kegiatan rapat bersama Forum Pimpinan OPD, terkait isu terkini tentang Kerukunan Umat Beragama. Bertempat di ruang rapat 1 BAPPEDA dan Litbang kabupaten Pekalongan. Kamis,(8/9).

Rapat diikuti oleh semua pimpinan OPD, Camat, LSM, Tokoh Organisasi dan FKUB.

Mewakili Kakankemenag sebagai peserta rapat Kasubbag TU H. Muqodam berkesempatan menyampaikan Misi Kementerian Agama kabupaten Pekalongam dalam hal pembinaan kerukunan umat beragama.

Disampaikan oleh H.Muqodam bahwa Kemenag kabupaten Pekalongan sudah mempunyai wadah yakni KUAT RAGA (Kerukunan dan Penguatan Moderasi Beragama) yang meliputi 4 (empat) kegiatan, yang pertama yakni Beribadah (Bersih-bersih Rumah Ibadah), merupakan kegiatan bersama antar pemeluk agama dalam membersihkan lingkungan rumah ibadah dari semua agama. Jadi bukan hanya masjid dan musholla saja, namun termasuk gereja, pura dan wihara. Kegiatan ini dilakukan setiap satu bulan sekali, sekaligus dipergunakan untuk Sosialisasi Prokes 5M + 1D;

Kegiatan berikutnya adalah PEKA (Peduli Kepada Sesama), berupa pembagian nasi bungkus untuk siapa saja yang membutuhkan. Kegiatan ini dilakukan setiap hari Jum’at pagi baik di depan kantor Kankemenag kabupaten Pekalongan maupun dibagikan secara keliling dengan menggunakan mobil.

Program berikutnya BIMBAGA (Bimbingan Moderasi Beragama bagi Pemuda). Sasaran kegiatan ini adalah pemuda antar pemeluk agama. Kegiatan ini akan dimulai dengan Pencanangan Desa Kerukunan, dan sebagai desa percontohannya yaitu di desa Linggoasri kecamatan Kajen. Direncanakan pada bulan September tahun 2021 ini akan dicanangkan.

Program kegiatan selanjutnya yaitu CERITA (Ceramah Toleransi Beragama). Dalam kegiatan ini disediakan Mimbar Kerukunan yang dapat dipergunakan bagi tokoh agama manapun untuk menyampaikan materi ceramahnya.

“Hal ini perlu kami sampaikan di forum ini sebagai bentuk informasi serta koordinasi, agar kegiatan ini bisa sesuai dan selaras dengan kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama yang dilaksanakankan oleh OPD terkait utamanya BAPPEDA, Kesra, Kesbangpol maupun FKUB.” jelas H.Muqodam dalam pemaparannya.

Adapun respon dari peserta rapat, alhamdulillah seluruh OPD terkait dan FKUB menyambut baik, dengan harapan kegiatan yang dicanangkan Kemenag melalu KUAT RAGA tersebut bisa berjalan secara berkesinambungan dan semakin terus ditingkatkan.(Mqd/Ant/bd)