Pelaksanaan BIAS Siswa MIN 2 Sukoharjo

MIN 2 Sukoharjo – Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) diadakan dua kali dalam setahun dan dilakukan secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia. Program BIAS ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak usia SD / Madrasah terhadap penyakit tertentu.

MIN 2 Sukojarjo melaksanakan Imunisasi MR Bagi siswa – siswi kelas I dan Imunisasi HPV bagi murid Putri kelas V dan Kelas VI MIN 2 Sukoharjo Rabu,(24/11/2021).

Imunisasi HPV adalah jenis Imunisasi yang diberikan untuk mengurangi risiko kanker serviks, yang umumnya diberikan pada usia muda. Sedangkan imunisasi MR merupakan imunisasi yang diberikan untuk mencegah penyakit Campak dan Rubella.

Kepala MIN 2 Sukoharjo, Wiretnoningsih Nurhayati menjelaskan bahwa imunisasi merupakan salah satu langkah yang tepat untuk mencegah penyakit seperti campak rubella, polio dan lain sebagainya. “Mengimunisasi anak sangat penting. Tanpa imunisasi, penyakit sangat menular seperti campak, difteri, dan polio, yang sudah pernah dinyatakan berhasil diberantas di banyak negara, dapat kembali menyebar ” jelas Wiretno.

Menurut Uut Putri Susilowati, A.Md.Kep. yang bertindak sebagai koordinator dalam kegiatan tersebut mengatakan adapun pelaksanaan imunisasi di madrasah dilaksanakan sesuai dengan pembagian jadwal yang telah ditetapkan karena masih dalam kondisi pandemi covid-19.

Dan pada kesempatan ini MIN 2 Sukoharjo bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Sukoharjo dalam pelaksanaan imunisasi MR dan HPV. “Dikarenakan imunisasi masih dalam masa pandemi covid-19, maka imunisasi dilaksanakan dengan protokol kesehatan dan sesuai jadwal yang telah ditetapkan untuk menghindari kerumunan.” Ungkap Uut.

Masih menurut Uut, bagi siswa yang pada hari tersebut berhalangan untuk mengikuti imunisasi, maka bisa mengikuti imunisasi susulan di Puskesmas Kecamatan Sukoharjo pada waktu yang telah ditetapkan. “ Bagi Siswa yang hari ini berhalangan hadir, bisa langsung ke Puskesmas besok hari Jum’at. Sedangkan imunisasi susulan akan kami gelar mulai bulan Desember “ tuturnya.

Sementara itu menurut Humas MIN 2 Sukoharjo, Gunawan menerangkan secara keseluruhan proses imunisasi berjalan dengan baik dan lancar baik dilihat dari petugas maupun dari peserta imunisasi. “Alhamdulillah Tim dari Puskesmas Kecamatan Sukoharjo yang terdiri dari Dokter dan nakes tiba di Madrasah sekitar pukul 07.30 WIB sehingga pelaksanaan imunisasi bisa selesai sebelum jam sebelas siang ” tutur Gunawan. “ tentunya reaksi dari banyaknya siswa bermacam-macam, ada yang senang ada juga yang ketakutan bahkan ssampai nangis karena takut disuntik” kenang Gunawan. (zul/djp/rf)