Pelaksanaan Porsadin Dapat Apresiasi Pemkab Tegal

Tegal (Slawi) – Kontingen Kecamatan Tarub menjadi juara umum dalam Pekan Olahraga dan Seni Madrasah Diniyah (Porsadin) Kabupaten Tegal Tahun 2019. Porsadin yang diikuti oleh 18 Kecamatan, dilaksanakan di SMK NU Kramat, Ahad (3/03). Acara dibuka oleh Asisten II Setda Kabupaten Tegal, Moh. Nur Ma’mun.

Dalam sambutan pembukaannya, Ma’mun menyampaikan  bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal menyampaikan apreasiasinya kepada Kementerian Agama yang secara rutin bisa menyelenggarakan Porsadin melalui Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT).

“Semoga Porsadin bisa menjadi ajang untuk berprestasi bagi Madrasah Diniyah di Kabupaten Tegal, baik dalam bidang olahraga maupun seni. Kita berharap dari kegiatan ini muncul generasi-generasi Islami yang mempunyai kompetensi dalam bidang olahraga dan seni, yang nantinya mampu mengharumkan nama Kabupaten Tegal, dan menjadi generasi penerus pembangunan bangsa,” kata Ma’mun.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal, Sukarno, melalui Kepala Seksi Pendidikan Pondok Pesantren, Kokabudin berpesan agar semua peserta mengutamakan sportifitas dan semangat persaudaraan dalam pelaksanaan Porsadin 2019.

“Mari kita tunjukkan sportivitas kita dalam Porsadin ini. Junjung tinggi kejujuran dan persaudaraan.  Jangan nodai Porsadin ini dengan kecurangan dan semangat kompetisi yang berlebihan sehingga melupakan semangat persaudaraan. Semoga Porsadin ini semakin menguatkan persaudaraan dan kerjasama semua Madrasah Diniyah di Kabupaten Tegal,” ajak Kokabudin, mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal.

Menurut Suwaji, Ketua Panitia Porsadin Tahun 2019, ada 11 perlombaan putra-putri dan 2 perlombaan umum. Sebelas perlombaan meliputi Tahfis Jus Amma, MQK, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, MTQ, Murottal Wal Imla, Kaligrafi, Puisi Islami, Lari Sprint, Bulutangkis dan Tenis Meja. Dua pertandingan umum meliputi Cerdas Cermat Diniyah dan hadroh. Semua perlombaan dapat dilaksanakan dengan sukses dan menghasilkan juara I, II dan III untuk setiap mata lomba.

“Sebagai Juara Umum Porsadin Tahun 2019 ini adalah Kecamatan Tarub. Dengan demikian pelaksanaan Porsadin berikutnya di Kecamatan Tarub. Selamat untuk Kontingen Kecamatan Tarub yang telah menjadi juara umum”, ucap Suwaji. (AS/Wul)