Pelayanan Jamaah Haji Baik, Plt Bupati Apresiasi Kemenag Klaten

Klaten – Pemda Klaten dan Jamaah Haji Kab. Klaten 2017 mengadakan tasyakuran haji bersama Plt.  Bupati beserta Muspida Kabupaten Klaten bertempat di Pendopo Kabupaten Klaten, yang dihadiri 1088 jamaah haji, Kakankemenag Klaten, muspida, dan P3H (Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji), (11/10).

M. Yusuf, Plt Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten yang sekaligus sebagai Ketua P3H Kabupaten Klaten mengatakan, secara keseluruhan seluruh komponen yang tergabung dalam P3H telah melaksanakan dengan sebaik-baiknya dalam melayani tamu Allah dan bekerja sesuai dengan yang diharapkan, dari awal pemberangkatan sampai pemulangan jamaah haji, semoga amal ibadah diterima Allah SWT.

“Total jamaah haji Kabupaten Klaten sebanyak 1090 yang tergabung dalam 4 kloter yaitu 33 81, 82 dan 83, yang meninggal dunia di tanah suci, yakni Sri Kamdari Reso Sudarmo (66) beralamat Dukuh RT.08 RW.04 Ngabean Karanganom dikarenakan sakit dan Sumairi (71) asal Jungkare 12/06 Jungkare Klaten, yang tergabung dalam kloter 81. Jadi yang kembali ke tanah air sebanyak 1088 jamaah haji,” jelasnya.

Selanjutnya, Kantor Kementerian Agama sebagai leading sector penyelenggaraan ibadah haji, dari tahun ke tahun terus melakukan perbaikan dalam pelayanan. Menurutnya, secara keseluruhan, rangkaian pelaksanaan ibadah haji tahun ini dinilai sudah cukup baik. Yakni, mulai kegiatan pembekalan, pemberangkatan hingga pemulangan.

Meski demikian, Kemenag tetap melakukan evaluasi terhadap kemungkinan adanya kekurangan atau keluhan  serta masukan yang disampaikan jamaah dan dari berbagai pihak.

“Tugas yang telah dilaksanakan sekarang jangan membuat puas. Harus dilakukan koreksi dan evaluasi agar kinerja kedepan bisa lebih baik dari sekarang, sehingga seluruh komponen merasa puas dengan layanan yang diberikan,” tandas Yusuf.

Sementara itu Plt Bupati Klaten Sri Mulyani dihadapan jamaah haji Klaten mengucapkan selamat datang kepada para jamaah haji yang telah menunaikan ibadah haji 2017 dengan lancar dan telah kembali ke tanah air Indonesia dengan selamat, semoga menjadi haji yang mabrur.

“Kementerian Agama Kabupaten Klaten dan P3H telah melaksanakan tugas dalam melayani tamu Allah dengan penuh semangat dan baik, Pemerintah Kabupaten Klaten memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas pelayanan yang telah dilaksanakan pada musim haji tahun 2017 Kabupaten Klaten,” tegas Sri Mulyani.

Kegiatan yang dilakukakan ini selain sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT, juga untuk lebih mempererat tali silaturahmi dan mengukuhkan persaudaraan diantara para jamaah haji.

“Para jamaah haji selalu mengintrospeksi diri, supaya amal dan perbuatan yang baik di lanjutkan dan bahkan di tingkatkan serta meninggalkan perbuatan yang buruk sehingga masa depan lebih baik,  untuk menjadi umat yang teladan di tengah masyarakat,” harapnya.

Untuk menjaga kemabrurannya, para jamaah haji untuk bergabung kelompok jamaah haji di daerah kecamatan masing-masing untuk ikut mendukung dan ikut dalam program-program kegiatan yang diselenggarakan oleh IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia).

“Semoga dengan bertambahnya masyarakat yang telah melaksanakan ibadah haji ini, menjadikan masyarakat Klaten yang tentrem ayem, guyub rukun dan gotong royong, maju mandiri serta berdaya saing,” pungkasnya.(aj)