Pelepasan Naskah UN SLTA Provinsi Jawa Tengah

Kudus – Sabtu dini hari hari ini (02/04) tepatnya pukul 00.01 dilakukan pelepasan pengiriman naskah UN SLTA Tahun Pelajaran 2015/2016 untuk wilayah Provinsi Jawa Tengah. Pelepasan dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Nurhadi Amiyanto di PT. Pura Barutama Jl. Lingkar Jepara KM 5 Garung Kab. Kudus. Dalam kesempatan tersebut hadir dan mendapatkan sambutan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, H. Ahmadi. Hadir pula Kepala LPMP Jawa Tengah, Direktur PT. Pura Barutama, Pimpinan PT Pos Indonesia Jawa Tengah, Kapolres Kudus, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Pemalang, dan panitia UN Kab/Kota se Jawa Tengah.

Naskah soal UN SLTA sederajat Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016 dicetak dan didambakan oleh PT Pura Barutama Kudus sebagai pemenang tender. Naskah yang akan didistribusikan telah diserahkan kepada PPHP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 18 Maret 2016 dan didistribusikan kepada Panitia UN Kab/Kota se Jawa Tengah secara serentak pada 2 April 2016 dini hari. Disampaikan pula, untuk menjaga keamanan pendistribusian naskah untuk 950.821 siswa SLTA tersebut, masing-masing armada dikawal oleh 2 orang polisi, 1 orang dari Dinas Pendidikan Provinsi, dan 2 orang panitia daerah. Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Ahmadi menyampaikan apresiasi atas komitmen bersama untuk mensukseskan penyelenggaraan UN pada tahun ini. Ahmadi berharap agar keamanan dan kerahasiaan soal bisa dijaga sebagai wujud pelaksanaan integritas penyelenggaraan UN. “Mari kita usahakan dengan sekuat tenaga seraya berdoa untuk kesuksesan UN 2015/2016,” ajaknya. Ahmadi menyebutkan bahwa pada tahun ini peserta UN dari madrasah tahun ini diikuti oleh 46.580 murid MA dan pada tahun lalu sebanyak 44.431 murid MA.

Berkat kerja keras seluruh panitia dan semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan UN pada tahun lalu Jawa Tengah memperoleh peringkat terbaik kedua setelah DIY sebagai penyelenggara UN berintegritas. “Saya menyampaikan apresiasi atas kerja keras kita semua sehingga bisa mencapai predikat integritas terbaik kedua se-Indonesia,” demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Nurhadi juga meminta kepada semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan UN agar bekerja dengan baik, bertanggungjawab, serta menjaga kerahasiaan naskah UN. Apabila ada permasalahan agar dikoordinasikan dengan pihak terkait sehingga pelayanan terhadap siswa tidak terganggu.

Nurhadi juga menyampaikan pelaksanaan pendistribusian dilaksanakan H-2 dinihari tidak lain untuk melaksanakan sesuai dengan POS UN. “Bukan karena jumat kliwon atau hari yang lain, tetapi semata-mata untuk memenuhi tuntutan POS serta sebagai wujud integritas kita untuk mengamankan dokumen”, imbuhnya. (fat/gt)