Pembelajaran dengan Home Visit di Masa Pandemi

Salatiga — RA Mambaul Hisan menerapkan pembelajaran luring selama masa pandemi dengan melakukan kunjungan rumah/home visit .Home visit dilakukan oleh guru-guru yang bertugas setiap hari Senin sampai dengan Kamis. Adapun sasaran siswa yang dikunjungi adalah siswa kelas 1 sampai kelas 6. Anak-anak yang yg mendapat kunjungan dikumpulkan per desa dan yang rumahnya yang berdekatan dijadikan satu. Desa Brajan ada 11 anak, Desa Bonggan  5 anak, Desa Ngablak 7 anak, dan Desa Kandan 5 anak.  

Home visit ini merupakan salah satu alternatif untuk membangun komunikasi yang baik. Kegiatan ini bisa membantu memecahkan kesulitan-kesulitan belajar siswa selama masa pandemi covid-19 ini dan bertujuan untuk memperoleh berbagai keterangan atau data yang diperlukan dalam memahami lingkungan dan siswa yang mengalami kesulitan selama belajar dari rumah. Untuk saat ini, home visit merupakan pilihan yang  paling tepat untuk digunakan para pengajar RA Mambaul Hisan.

Fungsi utama kegiatan home visit ini adalah pemahaman artinya memahami masalah siswa secara detail ,mencari solusi masalah dengan  tepat dan bijak ,sehingga tercipta sinergitas /hubungan kerja sama antara sekolah ,siswa dan orang tua siswa.

Untuk permasalahan yang ada sangkut pautnya dengan kebijakaan pelaksanaan home visit antara lain kondisi dan fasilitas belajar siswa di rumah (tidak bisa mengakses internet, masalah quota mahal, tidak memiliki gadget), hubungan siswa  dengan  orang tua  dan anggota keluarganya, sikap dan kebiasaan siswa selama di rumah serta komitmen orang tua dan anggota keluarganya dalam perkembangan anak –anaknya .

Dengan home visit ini diharapkan melahirkan kedekatan emosional antara guru dengan siswa sehingga tercipta hubungan yang baik dan saling timbal balik, home visit ini bukan hanya tertuju kepada siswa saja tapi juga bertujuan kepada keluarga siswa sehingga keluarga siswa juga mendapatkan pandangan, pemahaman, arahan, motivasi, sikap dan cara yang perlu dilaksanakan oleh keluarga mereka .(Humas-YF-KK-EW)