Pembelajaran Saintifik, Jadikan Anak Lebih Tertarik

Karanganyar – Anak didik Raudhatul Athfal Terpadu Khoiru Ummah Gedong terlihat sangat ceria dan sangat antusias dengan kegiatannya pada Selasa (29/01). Kepala RAT Khoiru Ummah Rijoko menyampaikan kepada Tim Humas Kemenag bahwa RAT Khoiru Ummah Gedong telah menerapkan Kurikulum K13 kepada anak didiknya. Dalam K13 guru dituntut untuk melaksanakan  pembelajaran yang holistic dan saintifik. Agar anak – anak tidak hanya membayangkan tapi juga benar benar mengalami dan merasakan.

“Kami sudah menerapkan pembelajaran holistic dan saintifik sesuai  K13 dalam pembelajaran kepada anak didik kami. Pembelajaran yang konkreat dan berkesinambungan sesuai dengan tema yang diangkat,” ujar Rijoko

Uztad dan Uztadzah di RAT Khoiru Ummah Gedong ini mempersiapkan materi pembelajaran sehari sebelumnya dengan menyesuaikan RPPH dan RPPM yang sudah dibuat. Pembelajaran disini sudah menggunakan model sentra, dengan memanfaatkan ruang kelas yang ada, mereka membuka sentra sesuai jumlah ruangan. Contoh ada sentra seni, sentra Bahan alam, sentra persiapan dll .

Rijoko juga menambahkan bahwa hari ini anak – anak sedang belajar di sentra eksplorasi dengan tema pegunungan. Kegiatan mereka yaitu membedakan panas dan dingin dengan memegang mangkuk yang berisi air hangat dan dingin, membuat salju buatan dari sabun mandi warna putih yang diparut lembut dan membaca gambar pegunungan.

“Anak–anak ini belajar di sentra eksplorasi temanya adalah pegunungan, mereka akan belajar membedakan panas dan dingin dengan memegang mangkuk yang berisi air hangat dan dingin, membuat salju buatan dari sabun mandi warna putih yang diparut lembut dan membaca gambar pegunungan,“ jelas Rijoko.

Pembelajaran di RA ditekankan pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan dan minat anak. Dengan menghadirkan tema dan bahan pembelajaran yang menyenangkan serta mudah dan aman, juga mengedepankan pembiasaan nilai–nilai agama Islam dalam keseharian akan membuat anak–anak di RA dapat tumbuh dan berkembang sebagai anak yang cerdas serta bertaqwa. (ida-hd/gt)