Pembinaan Aparatur Sipil Negara

Semarang (Inmas) – Hari ketiga masuk kerja setelah liburan panjang idul fitri 1438 H. Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan Pembinaan Mental Aparatur Sipil Negara yang diikuti oleh semua ASN Kantor Wilayah dan Satker Kemenag Kab/Kota Se Jawa Tengah juga Kepala MAN dan MTs N, rabu (5/2017).

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman kantor diikuti peserta ASN yang berjumalah 700 orang terdiri dari pejabat eselon II, pejabat eselon III, IV dan JFU yang ada di Unit Kanwil Kemenag Prov. Jateng. Kegiatan ini dilakukan untuk semakin meneguhkan semangat Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung jawab dan Keteladanan, dalam melaksanakan tugas sebagai Aparatur Sipil Negara di Kementerian Agama, “dengan peneguhan ini bisa semakin membawa Kemenag kedepan lebih baik,” papar Suhersi singkat selaku Ketua Panitia.

Acara dikemas dengan penyampaian materi pembinaan tidak hanya dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama saja, namun juga diisi oleh akademisi dari UIN Walisongo Semarang, H. Fahrur, “ kegiatan pembinaan ini menjadi media membangun komunikasi sosial antar personal ASN yang ada di Kanwil dengan yang ada di daerah, sehingga mampu membuat Kanwil Kemenag lebih solid dan memiliki visi yang sama, jelas dan terukur.” Jelas Fahrur.

Tantangan kedepan bagi Kementerian Agama menurut Kepala Kanwil Kemenag, Farhani, tentu semakin berat, maraknya konflik komunal dan interest di tengah masyarakat dengan isu agama, penguatan sektor pendidikan keagamaan yang berbasis pada pengembangan optimalisasi peran serta masyarakat serta pelayanan keagamaan kepada masyarakat menjadi isu yang harus ditangani secara komprehensif. “ Kemenag harus mampu memainkan peran sebagai lembaga atau agen perubahan dan peradaban,” Ungkap Farhani.

Lebih lanjut Farhani juga menyampaikan kegiatan ini tidak semata hanya menjadi media komunikasi personal tetapi lebih dari itu yaitu sebagai penguatan menjaga empat pilar kebangsaan dimulai Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang – Undang Dasar  Negara Republik Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “ASN di Kemenag harus mampu menjadi motor penggerak dan penyemangat menjaga empat pilar tadi,” harap Farhani.

Mengakhiri acara pembinaan ini, Ka. Kanwil juga menyampaikan permohonan maaf atas nama pribadi dan lembaga kepada semua yang hadir karena masih dalam suasana idul fitri, “ dengan semangat idul fitri ini rasa persaudaraan dan persatuan antar ASN Kemenag semakin terjaga dengan baik tidak ada dendam serta permusuhan,” pungkas Farhani. (Humas)