Maknai HSN sebagai hari kebangkitan santri

Banyumas – Grand Opening Hari Santri Nasional merupakan satu rangkaian perhelatan peringatan Hari Santri Nasional ( HSN ) 2018 yang diadakan oleh Pimpinan Cabang IPNU – IPPNU Kabupaten Banyumas. Acara yang bertempat di Ponpes Darussalam Kecamatan Kembaran tersebut diikuti oleh pelajar NU se Kabupaten Banyumas baik dari Komisariat, Ranting, PAC maupun Pengurus Cabang itu sendiri.Turut hadir juga perwakilan PCNU, ANSOR, FATAYAT dan Banser.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas melalui Kasi PD Pontren, Afifudin Idrus, sangat mengapresiasi digelarnya kegiatan ini. Dalam sambutannya, Afifudin mengajak kepada seluruh hadirin khususnya para santri dan pelajar untuk memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

“Kalian jangan terbuai dengan adanya peringatan hari santri, justru momen ini seharusnya bisa menjadi pemicu bagi kalian untuk bersemangat menjadi santri yang mumpuni dalam segala bidang yang kalian tekuni,” pesan Afifudin.

Khablul Watsiq selaku panitia menyampaikan bahwa Opening Ceremony merupakan acara awal HSN yang diadakan oleh PC IPNU IPPNU Kabupaten Banyumas. Pada hari itu juga diadakan pertandingan futsal dengan peserta PAC IPNU se Kabupaten Banyumas yang diadakan di lapangan Petro Dukuhwaluh. Sedangkan Pertandingan voli untuk PAC IPPNU diadakan d lapangan Ponpes Darussalam Purwokerto.

Dalam sambutannya, Utya M Hasna selaku ketua IPPNU Kabupaten Banyumas menyampaikan kepada pelajar NU agar memaknai Hari Santri sebagai kebangkitan santri untuk semangat dalam berorganisasi agar kelak bermanfaat bagi masyarakat. Acara tersebut dibuka langsung oleh Bapak Amin Makhasin S.Ag. selaku wakil sekretaris PCNU Banyumas. Dan doa penutup oleh pengasuh Ponpes Darussalam dibawakan oleh H. Imam Labib Hibaurrohman Lc., M.S.I.(af/hk/bd)