Pembinaan Persiapan Akreditasi Madrasah

Salatiga – Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan yang bermutu merupakan salah satu alasan kebijakan akreditasi sekolah/ madrasah di Indonesia. Untuk dapat menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, maka setiap satuan/program pendidikan harus memenuhi atau melampaui standar yang dilakukan melalui kegiatan akrediitasi terhadap kelayakan setiap satuan/program pendidikan. Maka dalam rangka persiapan penilaian Akrediatsi Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga melalui Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga  melaksanakan pembinaan akreditasi yang bertempat di  Madrasah Tsanawiyah (MTs) Pancasila Salatiga, Kamis (02/02). Madrasah yang berlokasi  satu atap dengan pondok Pesantren Pancasika itu mengadakan pembinaan persiapan pelaksanaan akreditasi dan bertindak sebagai narasumber Pengawas Madrasah Tsanawiyah Saifuddin.

Hadir dalam kegiatan ini seluruh Dewan guru serta Tata Usaha yang telah mendapat bagian masing-masing daalam pengisian delapan standar penilaian yang harus dipenuhi, Instrumen penilaian terdapat delapan standar satu sampai dengan delapan

Untuk tahun ini ada beberapa Madrasah yang akan dilakukan penilaian akreditasinya, salah satunya adalah MTs Pancasila jelasnya. Ada beberapa  hal yang difokuskan dalam pembinaan ini sebagai persiapan penilaian akreditasi. Khususnya yang banyak kaitannnya dengan administrasi. Mulai dari dokumen  satu dan dokumen dua, serta data-data yang dinilai dalam akreditasi seperti kegiatan pengembangan diri, imbuhnya

Dan harus ada petugas khusus yang ditunjuk oleh lembaga Madrasah, yang harus diklarifikasi oleh petugas asesor nantinya. Lebih lanjut kata pengawas  ini, petugas dimaksud harus siap menjawab semua pertanyaan ketika petugas asesor berusaha untuk menggali informasi  tentang lembaga ditempatnya bertugas

Untuk itu kita memberikan membekalan kepada masing-masing penaggung jawab. Selain itu kita juga mengharapkan, bahwa setiap jawaban itu harus ada konsekuensinya. Harus sesuai dengan kondisi riil  di lembaga masing-masing tegas, Saifudin dalam pembinaannya

Hal terpenting menurut Saifuddin dalam pelaksanaan akreditasi adalah bagaimana cara pandang sekolah/madrasah terhadap akreditasi. Apakah Madrasah memandang akreditasi sebagai suatu kebutuhan atau kepentingan. Madrasah harus memandang bahwa akreditasi adalah sebuah kebutuhan bukan kepentingan. Sekolah/Madrasah butuh manajemen yang baik untuk menjalankan organisasi sekolah dengan baik, dan semuanya tidak akan menjadi beban jika sekolah sudah terbiasa  dengan manajemen yang baik (kk/gt)