Pembukaan TMMD Ke 100 Tahun 2017

Temanggung-  Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun merupakan program terpadu lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat.  Pembukaan TMMD  untuk wilayah Temanggung program TMMD ke-100 tahun 2017 ini dilaksanakan di Lapangan Porot Desa Getas Kecamatan Kaloran, Rabu, (27/9). Dalam hal ini Kepala Kemenag bertugas membacakan doa pada saat Upacara Pembukaan, yang diwakili oleh Kepala KUA Kecamatan Kaloran Fuad Nur Idris.

Sasaran program TMMD kali ini sama seperti pada pelaksanaan TMMD sebelumnya yakni meliputi sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisik diprioritaskan untuk membangun infrastruktur, sarana dan prasarana yang secara langsung menyentuh kepentingan masyarakat, seperti pembangunan dan pengecoran jalan perbaikan rumah dan  fasilitas umum lainnya yang diharapkan dapat membuka isolasi antar daerah terpencil, sekaligus membantu kegiatan pencapaian swasembada pangan, yang diharapkan dapat memperlancar dan meningkatkan roda perekonomian daerah. Pelaksanaan selama 30 hari mulai hari ini 27 September s/d 26 Oktober 2017 kegiatannya meliiputi pengecoran jalan, perbaikan rumah, penyuluhan- penyuluhan.

Sementara sasaran non fisik seperti penyuluhan tentang Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Kamtibmas, Hukum dan Narkoba, Pertanian dan Perikanan, Kesehatan, bahaya Latin Komunis dan Bintal, diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat untuk membangun daerahnya sendiri, serta tumbuh kesadaran untuk memberdayakan potensi daerahnya menuju kehidupan sosial masyarakat yang lebih maju, sejahtera dan mandiri.

Upacara pembukaan kegiatan TMMD ke-100 tahun 2017 ini dibuka langsung oleh Bupati Temanggung, Bambang Soekarno dan dihadiri oleh, Ketua DPRD, Komandan Kodim,Kapolres dan Kemenag, Camat setempat.

Adapun tujuan diselenggarakannya program TMMD ini adalah untuk mewujudkan Ruang Juang, Alat Juang, Kondisi Juang dan Kemanunggalan TNI rakyat serta dalam rangka membantu Pemerintah Daerah untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat serta membantu percepatan pembangunan di daerah melalui pembangunan yang bersifat fisik maupun non fisik dalam rangka menciptakan suasana yang kondusif bagi terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri, disampaikan oleh Bupati Temanggung, Bambang Soekarno saat Upacara Pembukaan TMMD.(sr/Af)