Tahun 2017 MTs N Kutowinangun Lolos ke Tingkat Provinsi

Kebumen – Serangkaian kegiatan dan kompetisi yang diikuti siswa-siswi MTs Negeri Triwarno Kutowinangun selama tahun 2017 memang sudah lewat. Sebut saja yang pertama, Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah atau AKSIOMA yang sudah dilaksanakan di bulan Februari. Akan tetapi perasaan senang, bahagia, dan bangga masih membekas di wajah siswa siswi yang mendapatkan perhargaan atau juara di ajang tersebut. Perasaan bangga juga masih diperlihatkan oleh segenap civitas akademika yang berada di MTs Negeri Triwarno Kutowinangun. “Bissmillah, Let’s do the best; insya Allah we will get the best, and be the best”. Itu semboyan yang selalu kita gunakan untuk menyemangati tim yang akan ikut berlomba. Tentunya tidak hanya semangat tetapi juga persiapan dengan latihan meskipun waktunya singkat sekali.

MTs Negeri Triwarno Kutowinangun untuk ajang AKSIOMA tahun ini mendapatkan beberapa penghargaan. Piala yang berhasil dibawa pulang berjumlah 7, dari jumlah tersebut bisa terlihat di cabang MTQ putra juara 1, pidato bahasa Inggris baik Pa/Pi mendapat juara 2, pidato bahasa Indonesia untuk putra mendapat juara 2 sedangkan putri mendapat juara harapan 1, kaligrafi putri mendapat juara 2 sedangkan putra mendapat juara 3.

Salah satu siswa yang bernama Irfan Arsyad Firdaus mendapatkan juara 1 MTQ dan akan mewakili ke tingkat berikutnya ke tingkat provinsi. Siswa yang biasa dipanggil Arsyad itu saat ini duduk di kelas VII dan masih mengikuti latihan untuk persiapan AKSIOMA tingkat propinsi. Kegiatan di tingkat provinsi akan dilaksanakan di bulan Juli 2017. Dalam lomba pidato bahasa Indonesia Pa atas nama Setyo Bayu Pratama sedangkan untuk Pi atas nama Badriyah. Pidato bahasa Inggris Putri atas nama Ramada Azzahra Maharani sedangkan Putra atas nama M. Fatkhurahman Hakim. Sedangkan kaligrafi pa atas nama Khairul Anam, sementara pi atas nama Jauza Khoirun Nisa.

Dalam waktu yang bersamaan, siswa MTs Negeri Triwarno juga mengikuti lomba Komputer Skill dan Jelajah Medan di SMK Negeri 1 Kebumen. Untuk Komputer Skill mendapat juara kedua atas nama Alifah Aulia Ramadhanti. Sedangkan Lomba Jelajah Medan mendapat juara ketiga dan keempat. Lomba itu diadakan dalam rangka Ulang Tahun SMK Negeri I Kebumen.

Kompetisi yang kedua Olimpiade Sains Nasional (OSN) MTs/SMP se-Kabupaten Kebumen dilaksanakan hari Sabtu, 11 Maret 2017. Ajang tersebut MTs Negeri Triwarno untuk mata pelajaran matematika mendapatkan juara ketiga tingkat Kabupaten Kebumen. Siswa yang memperoleh peringkat ketiga atas nama Banatul Qoni’ah. Dengan hasil yang didapat tersebut Banatul Qoni’ah berhak untuk mewakili  Kabupaten Kebumen ke tingkat provinsi yang akan diselenggarakan pada tanggal 6 Mei 2017 di Semarang.

Kompetisi berikut adalah KSM (Kompetisi Sains Madrasah) se-Kabupaten Kebumen yang dilaksanakan hari Sabtu, 25 Maret 2017 di MTs Negeri Klirong. MTs Negeri Triwarno Kutowinangun dalam kompetisi tersebut berhasil memboyong 4 piala. Diantaranya dari matematika juara pertama atas nama Banatul Qoni’ah, Biologi mendapat juara 2 dan harapan 1. Juara 2 atas nama Risaniati Umu Habibah sedangkan juara harapan 1 atas nama Eka Nurul Kusumawati.  Untuk mata pelajaran fisika mendapat juara 3 atas nama Nur Mujahadah.  Banatul Qoni’ah yang mendapatkan juara satu Matematika juga berhak mewakili Kabupaten Kebumen ke tingkat provinsi yang kegiatannya akan  dilaksanakan tanggal 25 Mei 2017 di Magelang.

Kepala MTs Negeri Triwarno Kutowinangun Sugeng Warjoko, menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada para siswa dan pembina yang telah bekerja keras mewujudkan target Madrasah dan membawa nama baik Madrasah di tingkat Kabupaten Kebumen. Lebih lanjut dia menekankan bahwa tidak ada hasil luar biasa yang bisa dicapai dengan cara-cara biasa, sehingga untuk para siswa, khususnya yang akan mewakili Kabupaten Kebumen ke jenjang Provinsi Jawa Tengah diminta melipatgandakan upaya persiapannya agar memperoleh hasil maksimal.(Nh/pt/Af)