Pembukaan Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional yang Ke XIV

Jakarta (Bimas Hindu) – Pembimas Hindu hadir dalam Acara Pembukaan Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional yang Ke XIV Tahun 2021 di HK Tower Jakarta.

Acara yang dilaksanakan pada tanggal 17 oktober 2021 di lakukan secara Daring dan Luring serta Live streaming channel Youtube Dirjen Bimas Hindu kemenag RI Dan di hadiri oleh Presiden Jokowi secara Tapping.

Acara di laksanakan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan. Yakni dengan pengecekan Suhu Tubuh, memakai masker, menjaga jarak dengan mengatur posisi tempat duduk minimal 1 meter dan pembatasan peserta yang hadir.

Lomba UDG yang diikuti oleh masing-masing daerah di Indonesia di laksanakan secara semi virtual, dengan metode tapping video yang di lakukan di daerah masing-masing. Selain itu, Penjurian juga di lakukan secara live streaming di Channel Youtube Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI Sehingga peserta lomba dan masyarakat dapat melihat proses penilaian.

Turut hadir Wakil Menteri Agama dan Dirjen Bimas Hindu beserta jajarannya. Acara di buka dengan pembacaan Weda Wakya.

Sambutan Dirjen Bimas Hindu di lakukan dengan unik yakni laporan di sampaikan menggunakan tembang jula juli yakni kesenian dari Jawa Timur

“Trimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Para Juri, Peserta Lomba dan Semua yang telah mensukseskan Acara UDG Ke 14 pada Tahun ini, Semoga hasil yang di dapat merupakan hasil terbaik dari yang baik, dan tetap mengharumkan nama Hindu di Indonesia melalui ajang Lomba Kegamaan yang di bungkus dengan Kearifan Seni Budaya masing-masing daerah”, ungkap Tri Handoko Seto.

Wakil Menteri Agama dalam sambutannya juga memberikan “Apresiasi kepada umat Hindu yang selalu memegang nilai budaya luhur bangsa dengan melaksanakan ajang lomba keagamaan dan di padukan dengan seni budaya”, Ungkap Zainut Tauhid Sa’adi

Momen yang tepat untuk meningkatan rasa persatuan dan kesatuan bangsa terutama pada generasi muda kita. Selain itu, peningkatan literasi agama melalui UDG. Di harapkan menjadi ajang pembuktian kemampuan olah seni suara anak muda di indonesia. “Ini langkah memperkenalkan ajaran Hindu kepada kalangan umat Hindu terutama kaum muda, serta dapat meningkatkan pemahaman ajaran Hindu melalui seni yang sangat bermanfaat bagi generasi muda hindu. Semoga acara ini berjalan lancar dan bisa menyumbangkan manfaat kepada kehidupan literasi beragama.” Kata Zainut Tauhid Sa’adi

Presiden memberikan Sambutan melalui Tapping “UDG tidak hanya lomba ajang keagamaan tapi juga sebagai ajang festival keberagaman budaya. Saya mengapresiasi terhadap acara ini karena telah memberikan contoh kepada masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan. Saya harap generasi muda Hindu terus berkarya, tidak hanya pada UDG tetapi nantinya di luar sana untuk dapat melestarikan budaya luhur bangsa ” Ungkap Joko Widodo. (Kd)