Pemeriksaan Mulut dan Gigi, Sadarkan Siswa Arti Penting Kesehatan

Klaten – MTsN 1 Klaten, bersama UPTD Kesehatan Kecamatan Klaten Utara mengadakan pemeriksaan mulut dan gigi gratis, serta launching pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) yang dikuti 340 siswa kelas VII dan VIII, yang bertempat di Aula MTsN 1 Klaten, Senin (12/11).

Nurul Qomariyah, Kepala MTsN 1 Klaten menerangkan bahwa kegiatan tersebut semata-mata ditujukan agar siswa dapat merawat kesehatan mulut dan gigi mereka secara baik dan benar sesuai dengan instruksi dinas kesehatan.

“Kegiatan ini salah satu upaya Madrasah untuk memberikan pencerahan dan pemahaman bagi siswa akan arti pentingnya kesehatan mulut dan gigi,” tandas Nurul.

“Selain itu siswa akan semakin sadar untuk menjaga dan merawat mulut dan gigi secara teratur, diantara dengan rajin menyikat gigi dua kali sehari serta mencabut gigi yang sudah rusak,” sambungnya.

MTsN 1 Klaten akan mengagendakan pemeriksakaan kesehatan gigi dan mulut 3 bulan rutin dengan menghadirkan tenaga Medis dari UPTD Kesehatan Kec. Klaten Utara baik Dokter gigi dan Perawat.

Terkait TTD, Nurul Qomariyah menyampaikan, pemberian TTD akan diadakan rutin setiap  habis sholat Jum’at, upaya tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mencegah anemia yang menyebabkan siswi itu lemas tenaga kurang dan muka pucat. Dan di rencanakan diberikan dari kelas 7-9.

Sementara itu, Kepala UPTD Kesehatan Dr. Slamet Maryanto menambahkan pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) ini merupakan Program Nasional dari Kementerian Kesehatan RI yang ditunjuk dari Klaten yang dicanangkan oleh PEMKAB Klaten pada tanggal 11/11/2018 di Pendopo Kab. Klaten. Dari UPTD Kesehatan Kec. Klaten Utara menunjuk MTs N 1 Klaten untuk merealisasikan program ini.(aj/sua)