Pemetaan Kompetensi Online Banjarnegara Sukses

Banjarnegara – Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kantor Kementerian Agama Banjarnegara, sukses menggelar Pemetaan (PK) Online Mandiri yang berlangsung serempak di seluruh Indonesia.

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan guru PAI SD, SMP, SMA, SMK se-Kabupaten Banjarnegara dilaksanakan di dua lokasi, yakni di MTs N 1 Banjarnegara dan di SMK HKTI Klampok Banjarnegara, Selasa kemarin (18/12). Pelaksanaan PK online di MTs N 1 Banjarnegara dibagi menjadi 4 ruang ujian, di mana satu ruang ujian diikuti oleh 20 peserta yang terbagi menjadi 3 sesi, dan tiap sesi berlangsung 120 menit.

Sesi I dimulai jam 08.00-10.00 WIB, sesi II dimulai jam 10.30-12.30 WIB dan sesi III dimulai jam 13.00-15.00 WIB.

Panitia PK Online Banjarnegara, Opnam Sururi, dalam laporannya menyampaikan keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai faktor dan salah satu faktor tersebut adalah kompetensi guru. “Kompetensi guru adalah ujung tombak dalam proses pendidikan dan keberhasilan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran,” ucap Opnam.

“Guru dituntut mampu memilih metode atau strategi pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga siswa dapat lebih mudah menerima dan memahami apa yang disampaikan oleh guru,” tambahnya.

“Profesionalitas dan kompetensi guru mampu menghasilkan siswa yang aktif dan berprestasi. Disini peran KKG (Kelompok Kerja Guru) PAI amat dirasakan membantu meningkatkan kompetensi guru dalam proses belajar-mengajar,” ungkapnya. (Ardian/Nangim/Sua)