Pemilihan OSIS MA Al Islam Jamsaren Diramaikan Dengan Tasmi’ dan Literasi

Surakarta – Setelah diadakan musyawarah dan mufakat oleh Majelis Syuro Madrasah, yang terdiri dari perwakilan siswa terbaik dari masing-masing kelas, maka Farhan Ainur Ridlo dan Aldi Nugroho terpilih sebagai Ketua dan Wakil OSIS MA Al Islam 2018. Pemilihan yang berlangsung lancar itu diadakan di halaman MA Al Islam Surakarta, Jum’at (19/10) kemarin.

Pemilihan OSIS kali ini berbeda  dengan pemilihan OSIS sebelumnya, karena Pamilos tidak menggunakan pencoblosan atau voting. Akan tetapi, kedua kandidat diuji dengan memaparkan visi dan misinya, dan dilanjutkan dengan debat terbuka didepan para siswa lainnya.

Untuk memeriahkan acara tersebut, sehari sebelum pemilihan dimulai, Pamilos mengadakan Tasmi’ Al-Qur’an setengah juzz, yang dibaca oleh  5 siswa secara bergantian, di halaman sekolah.

Tasmi’, yang dibaca dengan tartil oleh para Huffadzul Qur'an; Usamah bin Zaid, Nabila, Awwahun Halim, Muhammad Faqih dan Amar Yasir , mereka adalah para penerima beasiswa tahfidz.

Sebelum pemilihan dimulai, siswa diajak untuk mengikuti kegiatan Literasi bersama  Solo Pos dengan cara duduk lesehan sambil membaca berita yang mereka sukai.  Kemudian, siswa  diminta untuk menceritakan kembali isi berita yang dibaca. Bagi yang berani maju dan bisa menceritakan kembali isi berita dengan benar, akan diberi Hadiah/doorprize

Disamping itu, setiap siswa diminta membawa 1 buku bacaan untuk disumbangkan ke daerah yang terkena dampak bencana.

“Kegiatan Literasi ini sangat bermanfaat, karena selain menambah wawasan keilmuan juga mengurangi dampak resiko penggunaan smartphone di era digital,” Ujar Syafii, Kepala MA Al-Islam Jamsaren, mengakhiri sambutannya. (rma/bd)