Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan Kabupaten Blora

Blora – Guna mengetahui kompetensi Penyuluh Agama Islam, Senin (31/5 2021) dilaksanakan pemilihan penyuluh teladan tingkat Kabupaten Blora, dilaksanakan di Resto D'Joglo. Iffa Dilla, S.HI., penyuluh agama Islam fungsional Kecamatan Blora II dan Muh. Arif Ma’sum penyuluh agama islam Non PNS dipercaya untuk mewakili penyuluh Agama Islam se Kabupaten Blora maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Dalam presentasinya, Iffa Dilla, S.HI menyampaikan bahwa dalam mengemban amanah sebagai penyuluh, tidak hanya mendakwahkan ajaran Islam rahmatan lil alamin, tetapi juga mengangkat masalah ekonomi dan kesejahteraan masyarakat miskin di wilayahnya.

“Sebenarnya ngga menyangka, tadikan hasil presentasi juga banyak yang bagus-bagus dan berbobot. Sangat tidak menyangka saya jadi pemenangnya. Semoga dengan ini dapat menjadikan penyemangat buat saya sebagai penyuluh agar dapat membersamai masyarakat untuk lebih giat mengaji, masyarakat yang dekat dengan Allah SWT.” ucap Dilla.

Sedangkan Muh. Arif Ma'sum, S.H.I sebagai juara pertama penyuluh teladan Non PNS mengangkat tentang Peran Penyuluh Agama Islam dalam Menangkal Paham Radikalisme dan Terorisme di Kecamatan Todanan Kab. Blora (Sinergitas Menuju Optimalisasi Preventif Radikalisme). Pada kesempatan tersebut ia memaparkan tentang kemunculan paham takfiri, pencegahan dan pembinaan kepada warga yang diduga telah terpapar paham tersebut dengan memberikan materi terkait kebangsaan atau cinta tanah air.

Hadir dalam acara tersebut Kakankemenag Kab. Blora H. Suhadi didampingi Kasi Bimas Islam H. Imam Sofwan beserta jajarannya dan para dewan juri profesional. Adapun yang bertindak sebagai juri adalah tokoh agama MUI Kabupaten Blora Utomo, S.Sy., M.Pd.I, akademisi STAIM Blora H. Sukisno, M.Pd.I dan Widodo, M.Pd.I serta H. M. Thohir, M.Ag selaku Kepala KUA Kec. Japah yang pernah menjadi juara satu KTI Penghulu tingkat Jawa Tengah tahun 2018

Lebih lanjut, pada sambutannya Kasi Bimas Islam mengatakan penilaian Penyuluh Teladan tingkat Kabupaten Blora melalui tiga kategori yang pertama peserta menampilkan video pendek yang menggambarkan tentang kegiatan penyuluhan disertai keterangan lokasi hingga output dari program penyuluhan. Kedua mengirimkan berkas presentasi dan portofolio kepada panitia dan ketiga para peserta menyampaikan presentasi di hadapan dewan juri.

Pada Pemilihan Penyuluh Teladan tahun 2021 Kabupaten Blora didapatkan pemenang yaitu Kategori PNS/Fungsional Juara 1 Iffa Dilla, S.HI (KUA Kec. Blora II), Juara 2 Siti Ismiyatun, S.Ag (KUA Kec. Japah) dan Juara 3 H. Nuril Asrori, M.Hum (KUA Kec. Sambong), sedangkan untuk kategori Non PNS, Juara 1 Muh. Arif Ma'sum, S.H.I (KUA Kec. Todanan), Juara 2 Siti Sa'udah dan Juara 3 Laily Nur Chafidha, S.Pd (KUA Kec. Cepu). (nn/ima)