Pencak Silat Championship Awali Peringatan HUT ke-40 MAN Kendal

Kendal – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Farhani pagi ini secara resmi membuka Pencak Silat Championship MAN Kendal Open di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kompleks Islamic Center Kendal, Kamis (01/03).

Penyelenggaraan Kejuaraan Pencak Silat tingkat pelajar ini diikuti 561 peserta yang terdiri dari 153 siswa tingkat SD/MI , 258 siswa SMP/MTs dan 150 siswa SMA/MA/SMK se Jawa Tengah ini merupakan rangkaian dari Hari Ulang Tahun (HUT) MAN Kendal yang ke 40.

"Dalam pendidikan ada 3 hal yang perlu mendapat pehatian yakni, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengembangan keterampilan serta pengembangan  bakat dan seni. Kompetisi ini menjadi media dalam meningkatkan bakat dan seni," ujar Farhani dalam sambutannya.

Kakanwil mengapresiasi kegiatan ini, selain sebagai perwujudan pengembangan bakat, Farhani menekankan bahwa yang terpenting adalah memupuk silaturrahim sehingga terwujud kerukunan antar sekolah dan madrasah. "Kegiatan ini sebagai ajang merajut kerukunan, peserta yang kekinian tidak melakukan tawuran antar madrasah atau sekolah," sambungnya.

Farhani menantang kepada peserta pencak silat untuk menjadi duta kerukunan, "Apakah kalian siap menjadi duta kerukunan?" taanya Kakanwil yang dijawab siap secara serempak dan bergemuruh oleh para peserta.

Sementara itu, Kepala MAN Kendal Asnawi menjelaskan, kejuaraan pencak silat yang digelar mulai tanggal 1-4 Maret 2018 ini merupakan pembukaan dari rangkaian peringatan HUT ke 40 MAN Kendal.

"Selain pencak silat, juga dilaksanakan lomba Sains Matematika, Kimia, Biologi dan Bahasa Inggris serta ditutup dengan mujahadah dan istighosah," terang Asnawi.

Hadir dalam acara ini, Kepala Kantor Kemenag Kab. Kendal Saerozi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agus Rifai dan Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) serta Ketua Ikatan Pencak Silat (IPSI) Provinsi Jawa Tengah. (ja/gt)