Pendaftaran Haji Kembali Dibuka, Kemenag Blora Siap Layani Daftar Haji

Blora – Selama PPKM darurat berlangsung pelayanan pendaftaran haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora ditutup sementara hingga akhir Agustus 2021.

Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora H. Dwiyanto menjelaskan bahwa penutupan pelayanan tersebut sesuai dengan SE Menteri Agama No. 18 Tahun 2021. Sehingga masyarakat yang akan mendaftarkan di Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) ditutup.

Akan tetapi angin segar di awal bulan September 2021, Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 38 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Level 2 Coronavirus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali, beberapa daerah sudah mengalami penurunan status PPKM. Maka, berkenaan hal tersebut, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah dalam suratnya tertanggal 27 Agustus 2021 perihal Pembukaan Pendaftaran Haji Reguler, dikatakan bahwa Kemenag membuka kembali menu aplikasi pendaftaran haji reguler pada aplikasi SISKOHAT.

Adapun pelaksanaan pelayanan pendaftaran haji reguler pada Kantor Kemenag Kabupaten tetap diberlakukan pembatasan 50% dari kapasitas ruang tunggu dengan protokol kesehatan yang ketat.

Saat diwawancarai Humas, Rabu (1/9) Nur Sholihin selaku staf pada Penyelenggara Haji dan Umrah pada Kankemenag Kab. Blora menjelaskan teknis pelayanan pendaftaran haji.

“Untuk jemaah yang belum melakukan setor berkas pendaftaran diharapkan melakukan setor berkas terlebih dulu ke kantor Kemenag Blora, nanti akan dibuatkan nomor antrian oleh petugas. Lain halnya dengan jemaah yang sudah setor berkas akan dilayani sesuai dengan nomor urut antrian.” ujarnya

Adapun jam pelayanan Haji dan Umroh pada Kankemenag Kab. Blora setiap hari Senin sampai Jum’at pukul 08.00 – 12.00 WIB selama pemberlakuan PPKM.

“Karena masih PPKM, pelayanan dibatasi sampai pukul 12.00 WIB.” ucapnya

Ia menambahkan apabila masyarakat ingin mengetahui informasi pendaftaran Haji bisa menghubungi Pak Samingun atau Bu Mardiyah. Berikut Link untuk menuju contact person yang bersangkutan. Silahkan klik https://linktr.ee/KemenagBlora (nike/rf)