Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 Guru Pais

Kudus – Guru merupakan garda terdepan penentu kemajuan pendidikan , oleh karena itu perananya dalam implementasi kurikulum menjadi sangat penting . Menjadi pendidik profesional memerlukan daya adaptasi terhadap perubahan agar kurikulum yang dikembangkan di sekolah sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan , teknologi dan tuntutan perubahan.

 Kurikulum secara terus menerus akan mengalami perubahan atau penyempurnaan . Perubahan secara terus menerus ini harus diimbangi dengan perbaikan sistim pendidikan nasional  termasuk didalamnya penyempurnaan kurikulum guna mewujudkan masyarakat yang mampu bersaing dan menyesuaikan perubahan . Dan untuk mempersiapkan pendidik profesional ini,  salah satu program yang harus dilaksanakan adalah pendampingan kurikulum 2013. Pendampingan kurikulum 2013 bagi guru merupakan langkah awal yang sangat penting untuk mempercepat pemahaman dan ketrampilan dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 . Pendampingan implementasi kurikulum 2013  selain memaksimalkan penerapan program kurikulum 2013 juga dapat memberikan penguatan kepada guru agar dapat melaksanakan kurikulum 2013 dari tahapan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi pencapaian kompetensi peserta didik dengan baik.

Terkait dengan hal tersebut Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus mendampingi Tim Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013  dari Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah bidang PAIS  . Tim Pendampingan tersebut  sebanyak 3 orang yaitu Moh  Arief Zaini ( Kanwil Kemenag Prov. Jateng)  Ahmad Taufik ( Guru PAI) dan M. Lutfi .Azis (Kemenag Prov. Jateng).

 Pelaksanaan pendampingan berlangsung selama 3 hari tanggal 29 s/d 31 Agustus 2018. Sedangkan tujuan  Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 ini untuk mengetahui sudah sejauh mana penerapan kurikulum 2013 bagi guru Pais di Kabupaten Kudus  yang sudah mengikuti workshop Kurikulum 2013 . Sedangkan sekolah yang akan dikunjungi oleh Tim Pendampingan Kurikulum 2013  yaitu SD 2 Adiwarno , SD 1 Wergu wetan . SMP 2 Kudus SMK 1 Kudus dan SMA Al-Ma’ruf . Sedangkan yang mendampingi Tim Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus adalah dari pengawas Pais yaitu  Ahmad Zaeni, Kusyanto dan Endah Tri Hidayati.

Tim Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 Kanwil Kemenag Prov. Jateng diterima oleh pengawas Pais  Kemenag Kudus di ruang kerja Kepala Kantor. Selanjutnya Tim Pendampingan dari  Kanwil Kemenag Prov. Jateng didampingi pengawas Kemenag menuju lokasi sekolah yang ditunjuk.

Dalam kunjungan tersebut dilakukan pengisian instrumen (1- 4) yang dilakukan secara manual. Instrumen 1 untuk Kasi Pais, instrumen 2 untuk Pengawas PAI, instrumen 3A dan 3B untuk guru PAI ( telaah RPP dan Observasi Pembelajaran untuk jenjang SD,SMP,SMA dan SMK), instrumen 4 untuk guru PAI ( BTQ, Rohis dan PPK). Sedangkan Pengisian instrumen dari 1s/d 4 ke geogle form dilakukan oleh tim pendampingan. (St.Zul/wwk/bd).