Pendampingan TLHP Di MTsN 1 Brebes

Pendampingan TLHP di MTsN 1 Brebes

Brebes. Bertempat di ruang kerja Kepala MTsN 1 Brebes, H. Mohamad Suedi, M.Pd., Senin, 13/09/2021, menerima kedatangan Plt. Kasubbag TU bersama tim Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, H. Mad Soleh, M.Si.

H. Mad Soleh mengatakan maksud kedatangannya bertemu Kepala MTsN 1 Brebes dalam rangka melakukan pendampingan dan penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pengawasan (TLHP) di MTsN 1 Brebes.

“Saya ditugaskan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes untuk melakukan pendampingan dan penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pengawasan (TLHP) oleh Tim Itjen Kementerian Agama RI pada awal tahun 2020 terhadap kinerja tahun 2019. Penyelesaiannya berdasarkan matriks hasil temuan,” kata Mad Soleh.

Lebih lanjut, Mad Soleh menjelaskan apabila hasil pengawasan yang dilakukan oleh Tim Itjen tidak diselesaikan oleh Satuan Kerja (Satker) sesuai mekanisme yang ada, maka akan terbawa terus pada matriks Tindak Lanjut Hasil Pengawasan (TLHP) tahun berikutnya.  Untuk itu TLHP ini perlu untuk segera diselesaikan oleh pegawai yang menangani pekerjaan adminsitrasi keuangan agar tidak muncul lagi dalam sistem,” bebernya.

H. Mohmad Suedi mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas kedatangan Kasubbag Tu dan Tim dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes yang akan melakukan pendampingan dan penyelesaian Tindak Lanjut atas Hasil Pengawasan (TLHP).

Menurut Kepala MTsN1 Brebes, pada saat dilakukan pengawasan oleh Tim dari Itjen tahun 2020 hasil pengawasannya langsung diselesaikan oleh petugas yang mengangani urusan keuangan saat itu sesuai permintaan dan arahan tim.

“Saat audit dilakukan, bendahara pengeluaran langsung diminta oleh tim untuk menyelesaikan kekurangan administrasi seperti tor, rab, jadwal dll. Tim pengawasan yang dibentuk oleh Kakankemenag Brebes juga telah melakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan dokumen sudah diperbaiki. Tetapi mungkin administrasi kekurangan dimaksud belum kami laporkan sesuai mekanismenya ke Kanwil, sehingga muncul lagi di sistem,” kata M. Suedi.

Dirinya berharap dengan pendampingan yang dilakukan oleh Plt Kasubbag TU  dan Tim dapat ditemukan lagi kekurangan lainnya terkait administrasi yang dipersyaratkan sesuai rekomendasi hasil pengawasan dari Tim Itjen Kementerian Agama RI.(Hid/Sua)