Pendidikan Karakter, MA Al-Islam Surakarta Gelar Kemah Bhakti Taruna

Surakarta – Siswa kelas X MA Al-Islam Jamsaren Surakarta mengikuti kemah Bhakti Taruna XXIX pada Senin – Rabu (29-31/10) di Desa Kemuning, Karanganyar.

Kegiatan kemah Bhakti Taruna diadakan setiap tahun. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas X. Kurikulum 2013 memasukkan pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib. Kegiatan kepramukaan di MA Al-Islam Surakarta diadakan setiap hari Jumat.

“Kemah Bhakti Taruna bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah melalui tadabbur alam, melatih siswa mengembangkan kemampuan diri mengatasi tantangan yang dihadapi, melatih kedisiplinan, serta melatih jiwa sosial,” kata Kepala MA Al-Islam Jamsaren Surakarta, Muchammad Syafii.

Para peserta kemah tampak semangat dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang sudah disusun Dewan Kerja Ambalan.

“Kegiatan-kegiatan yang sudah kami susun diantaranya: permainan tradisional, survival, lomba masak, wide game, permainan ketangkasan dan api unggun,” jelas Ulfi Hanif selaku ketua panitia.

Perkemahan ini juga diisi kegiatan kerohanian meliputi pembiasaan sholat berjamaah, tilawah sehabis sholat Subuh dan Maghrib, kultum, manasik haji dan pengajian akbar bersama warga desa Kemuning.

Salah satu peserta kemah, Aldi Nugroho mengaku sangat senang mengikuti kegiatan ini. Sebagai ketua sangga, Aldi telah mempersiapkan segala sesuatunya sebelum kemah. Para anggota diharapkan menjaga fisik, tidak begadang di malam hari, menjaga kekompakan antar sesama.

“Kakak pembina mengajari banyak ilmu yang sangat bermanfaat bagi kami. Kami belajar tali temali, PBB, semaphore dan masih banyak lagi,” ujar siswa yang berasal dari Sumatera. (rma/bd)