Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Bagi Pokjawas Madrasah

Brebes – Kakan Kemenag Brebes, Drs. H. Fajarin, M.Pd. didampingi Kasi Pendidikan Madrasah, Drs. H. Imam Ghozali, M.Ag. beserta Ketua Pokjawas Madrasah H. Khusnudin, M.Pd.I, membuka Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kelompok Kerja Pengawas Madrasah di Aula Rumah Makan Kampung Sawah Jl.  Raya Jatibarang-Slawi Kabupaten Tegal,

Kegiatan   yang diikuti oleh 27 peserta yang seluruhnya merupaka pengawas madrasah sekabupaten Brebes, dilaksanakan dari tanggal 29 Oktober sampai dengan 02 Desember 2021. Program PKB merupakan salah satu prioritas strategis Kementerian Agama melalui Dirjen Pendidikan Islam dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam yaitu meningkatkan mutu pembelajaran melalui peningkatan mutu guru, kepala madrasah dan tenaga kependidikan.

Pokjawas Madrasah Kabupaten Brebes adalah salah satu yang mendapatkan bantuan dari Direktorat GTK Pendidikan Islam dalam program PKB dengan nominal bantun 30 juta. Ini disampaikan H.Khuznudin pada saat menyampaikan laporan panitia, Jumat, (29/10/2021)

“Tujuan umum diadakan kegiatan PKB yakni untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan secara sistematis dan berkelanjutan di Lingkungan Kementerian Agama. Sedangkan tujuan khusus: 1. Memberikan pemahaman kepada peserta (pengawas) tentang program pengembangan keprofesian berkelanjutan ( PPKB ). Meningkatkan pengetahuan ,keterampilan dan sikap profesional Pengawas Madrasah dalam mengemban dan tugas sebagai Pengawas,” ucap H. Khuznudin.

“Teknis pelaksanaan dilakukan secara IN-ON-IN dengan durasi waktu sekitar 36 sampai dengan 40 jam pelajaran. Lokasi kegiatan pelaksanaan IN dilaksanakan secara berpindah-pindah  sedangkan keiatan ON dilaksanakan di madrasah binaan  yang di tunjuk oleh Pokjawas,” papar Khusnudin.

Kakan Kemenag Brebes H. Fajarin saat membuka sekaligus menyampaikan materi berpesan dengan adanya kegiatan ini dapat dimanfaatkan dan benar-benar melaksanakan kegiatan secara baik agar peserta kegiatan PKB ini benar-benar mendapatkan manfaatnya.

“Terima kasih disampaikan kepada Pokjawas Madrasah yang selalu bersaing dalam hal-hal yang baik, ini luar biasa dan saya berikan apresiasi dan terimakasih kepada bapak dan ibu pokjawas yang sudah mendapatkan dana dari Dirjen Pendis dalam Program Pengembangan Keprofesian berkelanjutan,” ungkap Fajarin.

H. Fajarin menambahkan “Saya selaku Kepala Kantor Kemeneg Kab. Brebes sangat mengharapkan Bapak dan Ibu kepala madrasah serta guru-guru yang ada dapat bersikap moderat, toleran  dan meningkatkan keshalihan, baik keshalihan pribadi maupun keshalihan sosial, sehingga output dan outcomenya dapat dicapai,dimana seorang guru bisa menjadi suriteladan bagi murid-muridnya, lingkung sekolah maupun lingkungan tempat tinggal, hal ini ditunjukan dengan kedisiplinan dalam proses belajar mengajar yang ada di masdarasah masing-masing sehingga  kepercayaan masyarakat akan terus bertumbuh dan slogan “Madrasah Hebat Bermartabat” dapat tercapai,” pungkas Fajarin.(Hid/Sua).