Habib : Kamad Jepara Harus Punya Kompetensi Manajemen dan TI

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Madrasah, Hotel Sekuro Village (18/09) Jepara.

Jepara Infokan – Sebanyak 40 orang Kepala Madrasah (Kamad) di Jepara mengikuti pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Madrasah, melalui program Madrasah Education Quality Reform yang dilaksanakan Hotel Sekuro Village (18/09) Jepara.

Kepala Kantor Kemenag Jepara, Drs. H. Muh Habib, MM didampingi Kasi Penmad Drs. H. A. Najib,M.Pd.I. saat membuka kegiatan menekankan, saat ini semua Kamad baik negeri maupun swasta harus memiliki kompetensi, baik itu kompetensi manajemen kepemimpinan maupun kompetensi teknologi dan informasi (TI).

“Kepala Madrasah Jepara harus punya kompetensi manajemen dan TI” tegas Habib

Kamad harus memahami sistem manajerial yang baik, agar lebih profesional saat melayani kebutuhan para guru dan tenaga kependidikan bahkan masyarakat umum dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah. Pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan oleh para Kamad, agar kemampuan manajemen pelayanan kepada para siswa serta orang tua siswa makin profesional. Tidak boleh lagi mengandalkan kemampuan manual standar lama yang dilakukan.

Selain itu, ia juga meminta kepada para Kamad agar menjadikan Madrasah yang dipimpinnya sebagai ‘Madrasaty jannaty’ yang berarti Madrasahku surgaku. Yakni menjadikan suasana madrasah menjadi nyaman, tenteram, damai dan bahagia dalam setiap aktivitas di dalamnya.

Sementara itu Ketua KKMA, H. A. Rif’an, mengatakan bahwa sesuai data yang ada, masih terdapat Kamad di Jepara yang belum mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi mohon ilmu dan informasi yang didapat di pelatihan ini dapat dibagikan untuk kemajuan bersama.

 “Sesuai kebijakan pemerintah, calon Kamad maupun Kamad yang sudah duduk wajib mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi seperti ini,” tutur Rif’an.

Kegiatan Pelatihan  ini merupakan kerja sama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara dengan Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) Jepara. (sn)