Pengukuhan Gerakan Pramuka Gudep MTsN 2 Kota Magelang

Kota Magelang – Terbitnya KMA No 365 sebagai revisi atas KMA Nomor 100 Tahun 2018 tentang Penegerian 18 Madrasah Tsanawiyah se-Indonesia (termasuk di dalamnya MTsN 2 Kota Magelang), merupakan pijakan leglistik  bagi MTsN 2 Kota Magelang untuk berdikari. Sebagai tindaklanjutnya, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Magelang menerbitkan SK Nomor 002 tahun 2018 sebagai landasan formil penetapan Gugus Depan Gerakan Pramuka, Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan dan Pengurus Gugus Depan Gerakan Pramuka MTsN 2 Kota Magelang periode 2018 – 2020.

Disela-sela padatnya kesibukan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Magelang, berkenan hadir di MTsN 2 Kota Magelang, untuk meresmikan Gudep Gerakan Pramuka Nomor  01.170 – 171, Sabtu, (29/09). Dalam sambutannya, Sumartono, yang juga menjabat sebagai Plt. Sekda dan Asisten IV Walikota Magelang menyampaikan pandangannya.

“Sebagai Ketua Kwarcab Gudep Kota Magelang, saya memberikan apresisai yang sebesar-besarnya atas kesigapan dari jajaran civitas akademika, sehingga dalam waktu yang singkat dapat menyenggarakan pengukuhan Gudep gerakan pramuka bagi siswa siswi MTsN 2 Kota Magelang,” ujarnya.

“Eksistensi Gudep gerakan Pramuka di setiap sekolah memiliki peran yang sangat penting karena merupakan wadah yang tepat dalam konteks charakter building bagi generasi penerus bangsa,” tambah Sumartono.

Abdul Muchit selaku Kasi Penmad juga memberikan sambutannya, “Mewakili Kepala Kankemenag Kota Magelang, kami mengucapkan terimakasih kepada Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Magelang, yang telah merespon cepat dengan menerbitkan nomor pangkalan sekaligus berkenan mengukuhkan Gudep Gerakan Pramuka yang di ajukan oleh Kepala MTsN 2 Kota Magelang. Meskipun merupakan esktrakurikuler di madrasah, akan tetapi kegiatan Pramuka nyata-nyata telah menjadi ujung tombak dari pembumian nilai-nilai religius, budi pekerti, etika dan moralitas, yang dikemas secara kekinian bagi siswa-siswa madrasah,” ungkap Muchit.

Meski pengukuhan Gudep terselenggara di tengah teriknya matahari, namun para siswa Madrasah Tsanawiyah tersebut melaksanakan dengan penuh antusias dan hikmat hingga acara berakhir. Kesuksesan kegiatan tersebut tidak terlepas dari ketokohan M. Fathul Mubin, selaku Plt. Kepala MTsN 2 Kota Magelang, beserta para guru dan stafnya yang selama ini telah terbina secara solid. (HS/SUA)