Pengukuhan KUA dan Keluarga Sakinah Teladan Tingkat Jawa Tengah Th. 2016

Semarang – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah melalui Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah melaksanakan pengukuhan Kantor Urusan Agama (KUA) dan Keluarga Sakinah Teladan tingkat Provinsi yang bertempat di Patra Jasa Conventional Hotel Semarang, Rabu (22/02).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Bagian Agama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Muhammad Aris yang hadir mewakili Gubernur Jawa Tengah, Jajaran Pejabat Eselon III Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dan Kapala Bagian Kesejahteraann Rakyat   beberapa Kabupaten/kota dan para tamu undangan.

Dalam Sambutan Gubernur Jawa Tengah yang dibacakan oleh Muhammad Aris menyatakan sangat mengapresiasi sekali atas kegiatan ini sehingga KUA maupun keluarga Sakinah yang terpilih merupakan hasil dari proses penilaian beberapa kriteria, sehingga diharapkan dapat memberikan contoh tauladan di masyarakat khususnya Jawa Tengah dan tauladan bagi tingkat Nasional pada umumnya.

“KUA dituntut memberikan pelayanan prima yang bebas korupsi dan gratifikasi, KUA merupakan ujung tombak bagi pelayanan masyarakat paling mendasar pada Kementerian Agama. Sedangkan Keluarga sakinah dapat memberikan contoh suri tauladan bagi keluarga, keluarga merupakan unit terkecil dalam struktur sebuah negara, keluarga sakinah akan membentuk bangsa yang damai dan sejahtera,” kata Aris membacakan naskah sambutan Gubernur.

Ditambahkan, bahwa keluarga dapat dikatakan Sakinah Mawaddah dan Warohmah apabila dapat mengetahui tugas dan fungsi masing-masing. Kesiapan hati dalam keluarga perlu diperjuangkan sebagai prasyarat terbentuknya keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah. Kesiapan hati ini bersumber dari dalam hati yang terpancar ke luar dalam bentuk aktifitas sehari-hari, baik dalam keluarga maupun dalam masyarakat.

Adapun  hasil peringkat kejuaraan KUA Teladan Tingkat Jawa Tengah, sebagai berikut :

– KUA Kec. Bejen Kab. Temanggung sebagai Juara I

– KUA Kec. Purwokerto Timur Kab. Banyumas Juara II

– KUA Kec. Tayu Kab. Pati Juara III

– KUA Kec. Tegowanu Kab. Grobogan Juara Harapan I

– KUA Kec. Kandang Serang Kab. Pekalongan Juara Harapan II

– KUA Kec. Patean Kab. Kendal Juara Harapan III

Sedangkan untuk hasil peringkat kejuaraan Keluarga Sakinah Teladan Tingkat Jawa Tengah, sebagai berikut :

– Kel. Drs. Kusriyanto, MM dari Kota Semarang Juara I

– Kel. Drs. H. Sudirman AS dari Kab. Wonosobo Juara II

– Kel. H. Dedi Purwanto dari Kab. Pati Juara III

– Kel. Drs. Ahmad Saerozi dari Kab. Kudus Juara Harapan I

– Kel. H. Sukento Ridho, MM dari Kab. Purbalingga Juara Harapan II

– Kel. H. Sukadarisman dari Kab. Pekalongan Juara Harapan III

Selanjutnya masing-masing juara I KUA dan Keluarga Sakinah Teladan tingkat Provinsi Jawa Tengah akan dikirim mewakili Jawa Tengah dalam pemilihan KUA dan Keluarga Sakinah Teladan tingkat Nasional. (bd/gt)