Peningkatan Integritas di KUA

Rembang – KUA mempunyai andil yang besar dalam membentuk citra positif Kementerian Agama. Untuk mendapatkan penilaian yang baik oleh masyarakat, KUA harus melakukan banyak hal dan berbenah menjadi semakin baik pula.

Demikian dikemukakan oleh Kabid Urais dan Binsyar Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, A. Syaifulloh ketika mengisi materi pembinaan penghulu yang diadakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Kamis (01/12).

Syaifulloh menjabarkan, banyak hal yang harus ditingkatkan oleh KUA terkait pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya, pelayanan kepada publik harus mengedepankan ketepatan waktu dan keramahan. Selain itu, ada hal-hal yang harus diperbaiki yaitu, pelayanan penyerahan buku nikah, pembagian tugas bedol dengan penghulu, pemasangan struktur organisasi KUA, pemasangan spanduk aduan, dan spanduk zona integritas.

“Sebagai sosialisasi kepada masyarakat tentang pelayanan gratis di KUA, spanduk ini pun harus terpasang,” tandasnya.

Bertindak pula sebagai narasumber yaitu Kasi Pemberdayaan KUA Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Agus Suryo. Agus mengatakan, KUA harus meningkatkan pelayanan dan kinerja di bidang IT, antara lain Simkah, Simponi, dan E-Monitoring.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Atho’illah dalam sambutan pembukaannya mengatakan, tugas penghulu tak sebatas melayani pernikahan. “Lebih dari itu, penghulu mempunyai tugas untuk melayani dan turut memecahkan permasalahan di masyarakat yang semakin kompleks,” tandasnya.

Juara II MQK

Sementara di bidang PD Pontren, Kafilah Rembang kembali menyabet prestasi, yaitu juara umum II dalam ajang Musabaqoh Qiro’atil Kutub tingkat Provinsi Jawa Tengah yang berlangsung PP Ma’hadut Tholabah, Dukuh Babakan, Desa Jatimulya, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal pada 28-30 November 2016 kemarin.

“Kami ungkapkan syukur atas prestasi setelah mendapatkan juara umum I Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) tingkat Jawa Tengah pada pada 1-3 Desember 2016, dan juara umum I Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) di asrama Haji Donohudan Boyolali, 21-24 November kemarin,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Atho’illah.

Kasi Pendidikan Diniyyah dan Pondok Pesantren Kankemenag Kabupaten Rembang, Musthofa menyampaikan terima kasih kepada peserta yang telah memberikan kontribusi bagi Rembang.

Rembang memperoleh juara II setelah Kabupaten Pati sebagai juara umum I. Sementara juara umum III diraih oleh Kabupaten Jepara. Dalam perhelatan ini, Rembang membawa pulang empat medali emas, satu medali perak, dan lima medali perunggu. – (ss/gt)