Peningkatan Kinerja Melalui Bimtek PAK Penghulu

Kebumen – Peningkatan Kinerja bagi Penghulu di Kantor Urusan Agama (KUA) menjadi salah satu andil prestasi bagi Kementerian Agama Kabupaten Kebumen. Hal tersebut disampaikan Kepala Kankemenag Kabupaten Kebumen, Imam Tobroni, dalam sambutannya pada kegiatan Bimbingan Teknik Peningkatan Angka Kredit bagi Penghulu di Aula KUA Kecamatan Kebumen, (Kamis 9/8).

Ketua panitia KH. Khamid yang juga Kasi Bimas Islam, melalui laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan untuk memberikan pengetahuan tentang pola prestasi bagi pejabat fungsional ASN Kemenag Kebumen dalam meningkatkan kinerjanya. Kegiatan yang dilaksanakan dalam satu hari tersebut diikuti oleh 37 ASN Kemenag yang terdiri dari Kepala KUA dan Penghulu.

“Kita dituntut untuk terus meningkatkan kinerja ASN Kemenag,” ucap Imam dalam sambutannya.

“Saya bangga dengan Kebumen, ASN nya semangat dalam bekerja, karena selama saya di sini belum ada pengaduan tentang kinerja,” lanjutnya dengan bangga.

Menyoal penyelenggaraan Haji, Imam menyampaikan bahwa peran Kementerian Agama dari waktu ke waktu semakin meningkat prestasinya. “Mau dikatain apa lagi coba Kementerian Agama,” ucapnya.

Dia mengatakan bahwa dahulu penyelenggaraan haji banyak dinilai negatif oleh masyarakat. Dikatakannya ada yang mau dikelola oleh swasta dan lain sebagainya. “Itu dahulu, sekarang pelayanan haji kita sudah meningkat,” tuturnya.

Indeks Kepuasan pelayanan Haji kita ditahun 2017 meningkat, dengan posisi 85,4 poin. Sehingga hal ini berimbas terhadap kita melalui apresiasi positif pemerintah yang salah satunya adalah dengan peningkatan tunjangan.

Termasuk juga salah satu untuk peningkatan kinerja pada tahun depan bagi ASN Kemenag akan diterapkan aplikasi SIEKA (Sistem Informasi Elektronik ASN Kementerian Agama). Menurutnya ini pun sudah membuktikan bahwa pelayanan Kementerian Agama semakin meningkat dalam bidang IT.

“Oleh karena itu, melalui SIEKA nantinya kita dituntut untuk melaksanakan tugas sesuai dengan perintah, dan melaporkan hasil kita ke atasan sesuai tupoksi masing-masing,” pungkasnya.(pt/sua)