Kemenag Blora, Pengukuran Arah kiblat gratis

BLORA – Kementerian Agama Blora kemaren (27/7) memberikan pelayanan pengukuran arah kiblat secara gratis di dua hotel di wilayah Blora kota dan sekitarnya untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan penngunjung hotel dalam menjalankan ibadah sholat.

Demikian disampaikan kepala kankemenag Blora, Nuril Anwar,SH,MH dalam pembinaan pegawai di Aula kankemenag Blora.

Menurutnya, selain memberikan pelayanan pengukuran arah kiblat di masjid dan Mushola Kemenag Blora diminta oleh pengusaha hotel di wilayah Blora untuk melakukan pengukuran arah kiblat sehingga Kemenag Blora melalui Gara Syariah siap memberikan pelayanan pengukuran kiblat kepada siapapun  masyarakat yang membutuhkan.

“Kita memberikan layanan gratis dan mudah dalam mengukur arah kiblat masjid yang ada untuk memberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah sholat dengan mengetahui arah kiblat yang benar ” Ujar Nuril Anwar serius.

Menurut Nuril, untuk mendapatkan layanan pengukuran arah kiblat, masyarakat bisa datang ke Kantor Kemenag Blora melalui Gara Syariah akan melayani kebutuhan tersebut sebagai upaya pelayanan beribadah secara prima atau bisa mengirimkan permintaan melalui surat atau email yang tersedia.

Berdasarkan surat ataupun permintaan tersebut, Kemenag Blora akan menugaskan aparaturnya yang bekerja di bagian Penyelelnggara Syariah untuk melakukan pengukuran arah kiblat tersebut. “Biasanya yang ditugaskan 2 – 4 orang pegawai, dan pengukuran juga harus disaksikan oleh pihak yang mengusulkan surat pengukuran arah kiblat,” terang Nuril.

Menurutnya, layanan gratis pengukuran arah kiblat masjid ini sebagai bentuk pelayanan umat Islam dalam beribadah dimana dalam praktiknya, proses pengukuran arah kiblat sebaiknya dilakukan pada siang hari dan saat tidak hujan. Sebab, menurut Nuril, matahari membantu dalam menentukan azimut arah kiblat.

Setelah pengukuran, Kemenag mengeluarkan berita acara yang ditandatangani pihak peminta pengukuran dan petugas pengukur arah kiblat. Setelah itu, dikeluarkan sertifikat yang ditandatangani oleh Kepala Kankemenag Blora. “Dasar pembuatan sertifikat adalah berita acara itu,” tegas Nuril.

Sementara itu, Gara Syariah Kemenag Blora,Amalia Winarni menyampaikan bahwa hotel yang diukur arah kiblatnya saat ini ada dua hotel yakni hotel Blora Indah yanng memiiki 30 kamar dan hotel Al Madina yang memiliki 20 kamar dan  dilakukan secara gratis sehingga pihaknya akan melayani permintaan masyarakat yang membtuhkan pengukuran arah kiblat selain masjid dan mushola sesuai prosedur dan ketentuan yang ada. (Ima/bd)