Pentas PAI media dakwah di sekolah umum

Klaten – Memberikan kesempatan kepada peserta didik dimulai jenjang SD, SMP, SMA/SMK baik yang negeri dan swasta yang ada di Kab. Klaten dalam mengekspresikan dan mengembangkan minat, bakat, potensi, serta kemampuan di bidang Pendidikan Islam, ini tuajuan utama PENTAS PAI ini juga di samping sebagai ajang kompetisi seni dan keterampilan juga merupakan syiar dan dakwah Islam, khususnya di sekolah umum baik swasta maupun sekolah negeri, demikian yang disampaikan Kasi PAIS Kemenag Klaten, Drs. H. Sudarsana, S.Pd, M.Pd.I selaku ketua panitia dalam acara pembukaan Pentas PAI (Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam) Kantor Kementerian Agama Kab.Klaten tahun 2015 yang bertempat di aula Al Ikhlas (12/05).

“Cabang yang dilombakan diantaranya Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Lomba Pidato PAI (LPP), Musabaqoh Hifdil Qur’an (MHQ), Lomba Cerdas Cermat PAI (LCP), Lomba Kaligrafi Islam (LKI), Lomba Debat PAI (LDP), dan Lomba Kreasi Busana (LKB), adapun lomba ditempatkan di aula Alkhlas, aula Kopenda, musholla dan komplek STAIM Klaten”, imbuh Sudarsana.

Kepala Subbag TU Kemenag Klaten H. Anif Solikhin, S.Ag, MSI dalam sambutan dan sekaligus membuka lomba mengatakan, “pentas PAI ini dimaksudkan untuk lebih memotivasi karena beragamnya potensi peserta didik dalam mata pelajaran PAI yang pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan keimanan, ketaqwaan, berakhlaq mulia, serta mempererat ukhuwah Islamiyah, membina persaudaraan, toleransi beragama dan kesatuan bangsa dikalangan peserta didik”, paparnya.

“Memberikan apresiasi dan penghormatan kepada siswa yang berprestasi, disamping juga untuk memperkokoh aspek Emotional Quotient (EQ) dan aspek Spiritual Quotient (SQ) ini merupakan hal yang paling penting untuk mendukung keberhasilan semuanya,” tegas pak Anif.

Kepada semua anak-anakku peserta lomba, pak Anif minta supaya senantiasa mengedepankan sportifitas dan ukhuwah dalam berkompetisi. “Mari kita jadikan ajang ini sebagai ajang silaturrahim dan mempererat ukhuwah Islamiyah di antara sesama, baik antar peserta maupun sesama guru pendamping yang ada di Klaten ini dan semoga mengasilkan para juara yang berkualitas dan sportif”, harapnya.

Selesai lomba, sekaligus diadakan acara penutupan dan pemberian piala kepada juara 1,2 dan 3. Untuk juara 1 berhak mewakili Kab. Klaten diajang Pentas PAI Tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 15-17 Juni 2015 di Asrama Haji Donohudan Kab. Boyolali.(GusJun)