Pentas PAI Sebagai Ajang Berprestasi Siswa-siswi

Grobogan – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Seleksi pekan keterampilan dan seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) 2017. Kegiatan yang diikuti siswa dari berbagai tingkatan itu digelar di Aula Kantor, Rabu (14/06).

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Grobogan, diwakili Plt. Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Mat Said mengatakan, peserta rapat dari unsur guru SD, SMP dan SMA/ SMK. Adapun lomba berasal dari siswa-siswi SD, SMP, SMA/SMK se-Kabupaten Grobogan. Pentas PAI ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan peserta didik terhadap ajaran Islam.

Lebih lanjut Mat Said memaparkan, ada 4 perlombaan yang akan ditampilkan dalam acara Pentas PAI. Yaitu musabaqah tilawatil quran (MTQ), MHQ, pidato dan kaligrafi. “Ini ajang siswa-siswi berprestasi untuk menunjukkan kemampuannya,” kata Mat Said.

Mat Said juga menjelaskan rencana lomba akan berlangsung pada tanggal 30 Juli 2017 di MAN Purwodadi.dan bagi guru PAI juga harus memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih bergairah lagi mempelajari dan mencintai Pendidikan Agama Islam. Selain itu pula sebagai tolak ukur keberhasilan pembinaan Pendidikan Agama Islam pada sekolah yang meliputi pengetahuan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran Islam,” jelasnya.

Ia juga berharap mutu atau kualitas dapat terus meningkat setiap tahun. Pentas PAI tingkat kabupaten ini juga menjadi ajang seleksi peserta yang akan diikutsertakan pada lomba serupa pada tingkat Provinsi.

Karena Pendidikan Agama Islam di sekolah harus mampu menjawab harapan masyarakat. agar siswa mampu meningkatkan keimanan, ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Paling tidak hal itu ditandai dengan meningkatnya pemahaman dan penghayatan peserta didik terhadap ajaran Islam sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,”Pinta Mat Said.(bd/gt)