Pentas PAI Wahana Membentuk Karakter Bangsa

Wonogiri – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Pekan Ketrampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam Pentas PAI) tahun 2014 Rabu, 11 September 2014 di Gedung PGRI Kabupaten Wonogiri yang ikuti 150 siswa mulai dari SD sampai SMA dari 25 kecamatatan, acara di buka Ka. Kankemenag Wonogiri Drs. H. Safrudin, MSI serta di hadiri pejabat Kemenag Wonogiri, Kepala Dinas pendidikan Kabupaten Wonogiri, kepala UPT Dinas pendidikan dan pengawas pendidikan.

Dalam Sambutannya Ka. Kankemenag Wonogiri Drs. H. Safrudin, MSI menyampaikan bahwa Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia dan memiliki pengetahuan yang cukup tentang Islam, Pendidikan ini lebih menekan pada bagaimana peserta didik mampu mengamalkan dan mengimplementasikanajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari sehingga mampu membentuk karakter bangsa di tengah masyarakat. Dengan demikian pendidikan agama Islam tidak hanya menekankan pada aspek kognitif saja, tetapi yang lebih penting adalah pada aspek afektif dan psikomotornya.

Selain itu Drs. H. Safrudin mengharapkan kegiatan Pentas PAI disamping sebagai apresiasi, juga diharapkan menjadi motivasi bagi siswa dalam mengikuti pendidikan agama Islam secara keseluruhan, dan secara khusus memotivasi siswa untuk mengembangkan bakat keterampilan dan seni agama Islam, dalam rangka mewujudkan budaya keberagaman di sekolah yang pada gilirannya dapat meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan akhlak mulia. Begitupun halnya bagi guru PAI, kegiatan ini merupakan event untuk mengembangkan bakat dan potensi guru PAI dalam pembelajaran PAI.

Beliau juga berharap kegiatan ini jangan hanya dijadikan sebagai ajang perlombaan untuk membawa harum nama daerah masing-masing, tetapi diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi dan memberikan motivasi untuk meningkatkan pemahaman siswa dan guru PAI terhadap ajaran agama Islam. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan dengan aman, lancar dan tertib.

Dalam laporan panitia kasi Pakis Kankemenag Wonogiri H. Hidayat Maskur, S.Ag. MSI menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan motivasi terhadap peserta didik dalam mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, menanamkan dan menumbuhkan rasa Ukhuwah Islamiyah sehingga rukun dan damai di antara mereka, menjadikan sarana keberhasilan pembinaan pendidikan agama Islam pada setiap jenjang pendidikan TK, SD, SMP, SMA yang meliputi pengetahuan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran Islam, meningkatkan keberanian dan kemandirian peserta didik dalam menumbuhkan bakat dan minatnya. Adapun yang di Lombakan meliputi Tilawatil Qur’an, Lomba kaligrafi dan Pidato.(Mursyid & Her)