MIN 2 Sukoharjo Hari Raya Idul Adha

Wiretnoningsih Berharap Siswanya Meneladani Semangat Kurban

Sukoharjo – Tahun kedua Pandemi dan dalam masa PPKM tidak menyurutkan niat warga MIN 2 Sukoharjo untuk berkurban. Panitia dibentuk dengan jumlah sangat terbatas dan melibatkan Tim Jagal Professional. Penyembelihan hewan Qurban sebanyak 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing dilaksanakan pada hari kedua tasyrik bertepatan dengan tanggal 22 Juli 2021.

Salah seorang guru madrasah yang bertugas menjadi Ketua panitia, Sahid Wagimin menjelaskan bahwa MIN 2 Sukoharjo telah menerima hewan udhiyah sejumlah dua ekor sapi dan dua ekor kambing yang berasal dari guru serta Wali murid MIN 2 Sukoharjo.

“Penyembelihan hewan udhiyah dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 12 Dzulhijah 1442 H. di Kampus 2 MIN 2 Sukoharjo yang berlokasi di Joho. Hewan qurban yang diterima panitia dari orang tua siswa, guru, dan tenaga kependidikan MIN 2 Sukoharjo. Sebanyak 14 orang untuk dua ekor sapi dan dua orang untuk dua ekor kambing. Daging qurban dibagikan ke lingkungan madrasah.  Satu ekor kambing disalurkan melalui Yayasan Dana Peduli Umat Islam) YDSUI” tutur Wagimin.

Sementara itu Kepala MIN 2 Sukoharjo, Wiretnoningsih Nurhayati ketika ditemui menerangkan tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah selain dalam rangka merayakan Hari Raya umat Islam yaitu Idul Adha tahun 1442 H, juga dimaksudkan agar siswa MIN 2 Sukoharjo mampu meneladani semangat pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim beserta keluarganya.

“Bagi kita semua, Idul Adha memberikan simbol semangat pengorbanan. MIN 2 Sukoharjo berupaya mengajarkan pada siswa untuk meneladaninya. Salah satunya dengan berusaha memberi manfaat kepada masyarakat walaupun pada kondisi Pandemi virus Covid. Sebagaimana hadist nabi bahwa orang yang paling baik adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” Jelas Wiretnoningsih.

Masih menurut Wiretnoningsih, pihaknya mengaku pelaksanaan penyembelihan selalu berpegang teguh pada protokol kesehatan dan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021. Penyaluran daging juga akan dilaksanakan dengan prokes ketat dan diantarkan langsung kepada yang berhak menerima.

“Mewakili MIN 2 Sukoharjo, saya mengucapkan terima kasih kepada Sohibul Qurban yang telah menyalurkan hewan qurban melalui panitia MIN 2 Sukoharjo. Terima kasih juga kepada seluruh guru serta tenaga kependidikan MIN 2 Sukoharjo khususnya panitia, atas partisipasinya dalam kegiatan penyembelihan dan penyaluran daging kurban. In syaa Allah pahala dari Allah Subhanahu wata’ala, mengalir untuk kita semua. Aamiin.” Pungkas Kamad Wiretnoningsih.(gun/djp/rf)